Awas, Pakai Pelat Nomor ala Thailand Siap-siap Kena Denda Rp500 Ribu


Rabu, 29 Juli 2020 - 15:15:32 WIB
Awas, Pakai Pelat Nomor ala Thailand Siap-siap Kena Denda Rp500 Ribu Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Saat ini banyak anak muda yang memodifikasi kendaraannya dengan gaya Thailook. Salah satunya, mengganti plat nomor motor matiknya dengan model di Negeri Gajah Putih itu. Namun tahukah Anda, jika memakai plat motor bergaya Thailand bisa didenda dan ditilang.

Thailook adalah gaya modifikasi skutik yang mengikuti tren di Thailand. Banyak yang memodifikasi tampilan skutiknya dengan gaya Thailook secara maksimal. Bahkan, hingga penggunaan pelat nomor kendaraan pun juga diaplikasikan.

Belum lama ini, viral video pemilik motor yang ditilang karena menggunakan pelat nomor kendaraan bergaya Thailand tersebut. Dalam video tersebut, motor yang digunakan adalah skutik Honda BeAT. Aturan penggunaan Tanda Nomor Kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Pelat nomor kendaraan baik pada sepeda motor ataupun mobil itu ada spesifikasi teknisnya, tidak sembarangan. Di sana, bukan hanya tercantum nomor saja tapi ada ketentuan panjang hingga lebarnya," kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi, dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (29/7/2020).

Dalam UU LLAJ, dijelaskan juga bahwa TNKB harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan. Kendaraan yang tidak dipasangi atau dilengkapi TNKB yang ditetapkan oleh Polri dapat dikenakan sanksi dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Penggunaan pelat nomor kendaraan ala Thailand tersebut sebenarnya sah-sah saja jika hanya digunakan dalam kontes modifikasi. Tapi, jika motor tersebut dikendarai di jalan raya maka sudah melanggar aturan. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]