Wajib Waspada, Mobil Tua Kini Jadi Incaran Maling


Rabu, 29 Juli 2020 - 15:27:40 WIB
Wajib Waspada, Mobil Tua Kini Jadi Incaran Maling Ilustrasi pencurian mobil

HARIANHALUAN.COM - Jangan sampai lengah ya, karena kini maling paling doyan dengan mobil-mobil tua. Bagaimana tidak?. Komponen-komponen yang ada di mobil yang sudah berumur itu bisa diperjual belikan. Mulai dari spion, kaca samping, benda di dalam kabin, sampai unit kendaraan tersebut.

Bahkan, Polisi di Malaysia menyebut bahwa mobil tua merupakan sasaran empuk para pelaku kriminalitas. Sebab, pelaku pencurian kendaraan bermotor bisa memanfaatkan ratusan komponen yang ada, untuk dijual dalam kondisi terurai.

Kepala Polisi distrik Cheras, ACP Mohamed Mokhsein Mohamed Zon menyebut, mobil-mobil tua buatan lokal menjadi pilihan karena komponennya mudah dijual. Berdasarkan data setempat, modelnya antara lain Proton Wira, Iswara, dan Toyota Hilux.

"Saya ingin masyarakat mengubah persepsi mereka bahwa kendaraan model lama tidak akan dicuri. Kami telah menerima banyak laporan kasus pencurian seperti itu, ” ujarnya seperti dilansir dari VIVA Otomotif dari Paultan, Rabu 29 Juli 2020.

Menurutnya, pencurian unit kendaraan terus terjadi karena 1,33 juta warga di Cheras dan ada beberapa daerah sekitarnya tidak memiliki parkir yang layak. Pemilik mobil memarkir kendaraannya di luar gerbang rumahnya, dan tidak diberi perangkat keamanan, maupun petugas yang menjaga keamanan.

Berdasarkan data Polisi di sana, pada kuartal III-2019 kasus pencurian mobil Proton Wira mencapai 362 unit, Toyota Hilux 226 unit, Perodua Myvi (Daiatsu Sirion) 159 unit, Toyota Vellfire 107 unit, dan Alphard 55 unit.

“Ini memberikan peluang dan ruang bagi para penjahat untuk mencuri kendaraan. Mereka (pelaku kejahatan) tidak membutuhkan peralatan berteknologi tinggi," kata Mohamed Mokhsein. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 21:20:35 WIB

    Wajib Tahu! Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Wajib Tahu! Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas HARIANHALUN.COM - Perlu mendapat perhatian khusus, pemilik mobil biasanya akan membawa kendaraan ke bengkel apabila mesin cepat memuai atau mengalami panas berlebih. Meski demikian, Anda sebaiknya bisa mencegah hal ini terjad.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]