PN Jaksel Putuskan Tak Lanjutkan PK Djoko Tjandra ke MA, Ini Sebabnya


Rabu, 29 Juli 2020 - 17:56:17 WIB
PN Jaksel Putuskan Tak Lanjutkan PK Djoko Tjandra ke MA, Ini Sebabnya Sidang PK Djoko Tjandra di PN Jaksel pada Senin (27/7).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Djoko Tjandra sebagai pemohon tidak pernah datang ke persidangan. Hal ini membuat Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memutuskan tidak meneruskan peninjauan kembali (PK) Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ke Mahkamah Agung.

"Menetapkan, menyatakan permohonan peninjauan kembali dari pemohon atau terpidana Djoko Soegiarto Tjandra tidak dapat diterima, dan berkas perkaranya tidak dapat dilanjutkan ke Mahkamah Agung," ujar pejabat Humas PN Jaksel, Suharno, saat konferensi pers di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jaksel, Rabu (29/7/2020).

Suharno mengatakan putusan tersebut diputuskan oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan setelah memeriksa berkas PK ini.

"Setelah dipelajari oleh Ketua, kemudian Ketua Pengadilan Negeri Jakarta selatan mengeluarkan penetapan atas permintaan PK dengan register nomor 12/Pid/PK/2020/PN Jakarta Selatan. (Putusan) ditetapkan di Jakarta oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari Selasa 28 Juli 2020," jelasnya.

Ketua PN Jaksel menilai PK tidak bisa dilanjutkan karena Djoko Tjandra sebagai pemohon tidak pernah menghadiri persidangan. Hal ini sesuai dengan aturan di Surat Edaran MA (SEMA) Nomor 1 Tahun 2012.

"Mengacu pada ketentuan SEMA Nomor 1 Tahun 2012 juncto SEMA Nomor 7 Tahun 2014, yang mana bahwa pemohon atau terpidana tersebut tidak hadir di dalam atau tidak dapat hadir di persidangan. Oleh karenanya, pengajuan PK tersebut dinyatakan tak dapat diterima sebagaimana yang kami sampaikan mengenai amar tersebut," tegas Suharno.

Sebelumnya, dalam persidangan Senin (27/7), hakim ketua Nazar Efriandi menyimpulkan berkas PK Djoko Tjandra akan diputus sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Pada gugatannya ini, Djoko Tjandra, yang merupakan buron kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, mengajukan permohonan sidang secara online.

"Majelis hakim sidang telah memberikan kesempatan kepada jaksa untuk memberi tanggapan dalam perkara ini.... Dengan perkara ini putusannya akan diteruskan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sidang dinyatakan selesai dan ditutup," ujar hakim ketua Nazar Efriandi saat membacakan kesimpulan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jaksel, Senin (27/7).

Mendengar kesimpulan hakim saat sidang akhir, jaksa sebagai pihak termohon pun mengajukan keberatan. Jaksa juga menolak menandatangani berkas acara persidangan (BAP).

"Mohon izin, Majelis, terkait ada klausul 'akan diteruskan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku'. Mohon izin, Majelis, sikap kami termohon jelas bahwa apabila persidangan ini akan diteruskan ke MA, kami sangat menolak dan kami tidak akan tanda tangani BAP persidangan pada hari ini. Dan mohon dibikin berita acara penolakan," jawab jaksa Ridwan Ismawanta menanggapi keputusan hakim di sidang.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:58:23 WIB

    Wajib Tahu! Ternyata PNS dan ASN Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

    Wajib Tahu! Ternyata PNS dan ASN Itu Berbeda, Ini Penjelasannya HARIANHALUAN.COM - Banyak yang salah kaprah soal status Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014, status keduanya adalah berbeda. Status PNS d.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:54:14 WIB

    Buat Para PNS, Sudah Siap Terima Gaji 13 Besok?

    Buat Para PNS, Sudah Siap Terima Gaji 13 Besok? HARIANHALUAN.COM - Sudah dipastikan para pegawai negeri sipil (PNS) akan terima gaji ke-13 besok, Senin (10/8). Pencairan gaji 13 ini sempat ditunda yang biasanya diberikan Juli setiap tahunnya..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:35:22 WIB

    Ini Para Penerima Gaji ke-13 PNS yang Cair Besok!

    Ini Para Penerima Gaji ke-13 PNS yang Cair Besok! HARIANHALUAN.COM - Gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) akan cair pada Senin (10/8/2020) ini..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 10:21:05 WIB

    Hore! Gaji ke-13 PNS Akhirnya Cair Besok

    Hore! Gaji ke-13 PNS Akhirnya Cair Besok HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi para PNS, pemerintah memastikan pencairan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dilakukan Senin 10 Agustus 2020 atau esok hari. .
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:09:08 WIB

    Hari Ini Kartu Ujian SKB CPNS 2020 Sudah Bisa Dicetak

    Hari Ini Kartu Ujian SKB CPNS 2020 Sudah Bisa Dicetak HARIANHALUAN.COM - Kartu ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 akan dibuka mulai hari ini, Sabtu (8/7/2020). Cara mencetak kartu kartu ujian SKB cukup mudah dilakukan. Peser.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]