BMPS Sumbar Tolak PPDB Tahap 3 di Sumbar, Irwandi: Tolong Tegakkan Aturan Menteri


Rabu, 29 Juli 2020 - 20:53:11 WIB
BMPS Sumbar Tolak PPDB Tahap 3 di Sumbar, Irwandi: Tolong Tegakkan Aturan Menteri Badan Musyarawarah Perguruan Swasta (BMPS) menolak adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap ketiga di Sumatra Barat.

HARIANHALUAN.COM - Badan Musyarawarah Perguruan Swasta (BMPS) menolak adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap ketiga di Sumatra Barat, hal tersebut jelas akan mematikan keberadaan sekolah swasta yang ada di Sumbar.

Ketua BMPS, Irwandi Yusuf mengatakan, seharusnya dalam PPDB 2020 Pemerintah Provinsi Sumbar hanya mengacu pada Peraturan Menteri No 44 tahun 2016 kemudian Peraturan Menteri No 22 tahun 2016 tentang Kebijakan Rombongan Belajar (rombel) dalam Setiap Kelas Siswa.

"Yang menjadi persoalan sekarang adalah pada permen disebutkan dalam satu rombel hanya 36 siswa, kemudian di Sumbar dijadikan 40 siswa berdasarkan surat gubernur kepada menteri pendidikan," katanya, Rabu (29/7/2020).

Mendukung pernyataan tersebut, kata Irwandi, Dinas Pendidikan Sumbar juga membuat surat edaran kepada kepala sekolah untuk menerima kembali peserta didik baru. Jumlahnya pun cukup banyak, berkisar 1.624 siswa. "Ini akan membahayakan bagi sekolah swasta, karena sebetulnya siswa tersebut sudah menjadi hak bagi sekolah swasta, kalau ini diberlakukan kami tidak akan mendapatkan siswa lagi," ujarnya lirih.

Lanjut Irwandi, jika sekolah swasta tidak mendapatkan siswa, bagaimana nantinya nasib sekolah, dan para majelis guru, mereka tidak akan ada siswa yang diajarnya tentu akan berdampak pada keberlanjutan sekolah swasta.

Di sisi lain, penerapan rombel menjadi 40 siswa pada sekolah negeri juga akan merugikan para orang tua, karena ketentuan yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan hanya 36 orang, otomatis siswa tersebut nantinya tidak akan terdaftar. "Tolong tegakkan aturan ini, ini sudah melanggar permen yang dikeluarkan oleh menteri," pintanya.

Irwandi mengakui, biasanya sekolah swasta pada PPDB sebelumnya akan mendapatkan setidaknya dua rombel, saat ini hanya satu rombel itupun jumlah siswa hanya sebanyak 15 sampai 20 orang yang mendaftar. Melalui pengumuman PPDB ketiga ini bagi mereka yang sudah terdaftar di swasta kemudian pindah lagi ke sekolah negeri.

"Ini bahaya, karena murid kami yang sedikit akan berkurang lagi jumlahnya, kami hanya ingin ada kenyamanan dan kesetaraan antara sekolah negeri dan swasta, karena rata-rata 183 sekolah swasta di Sumbar mengalami penurunan," katanya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]