Pemprov Sumbar Bakal Gelar Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur


Kamis, 30 Juli 2020 - 10:47:59 WIB
Pemprov Sumbar Bakal Gelar Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penyelenggaraan Salat Idul Adha 1441 Hijriah atau hari raya qurban jatuh pada Jumat (31/7/2020) besok. Menurut penuturan panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumatra Barat, salat Ied akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov Syaifullah, mengatakan pelaksanaan salat yang diadakan di halaman kantor gubernur tersebut tetap berpedoman disiplin protokol kesehatan dimasa pendemi Covid-19. Saat ini panitia tengah mempersiapkan segala kebutuhan dilapangan baik memasang tali shaf, mimbar dan yang terpenting sarana protokol kesehatan antisipasi penyebaran Covid-19. 

Kemudian, menempatkan beberapa wastafel dipintu kedatangan, dan thermogun pengukur suhu tubuh. Ia mengatakan, setiap orang wajib memakai masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah, serta bagi masyarakat yang kurang sehat dan berpenyakitan sebaiknya di rumah saja.

"Mengingat dimasa tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, kita tetap waspada dan menerapkan disiplin protokol kesehatan, serta diharapkan masyarakat dan jemaah sholat idul adha agar dapat mentaati disiplin protokol kesehatan secara baik," harapnya.

Jika dalam pelaksanaan Salat nanti kondisi cuaca hujan maka penyelenggaraan Salat ied akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. "Kita berharap semua komponen pantia, pihak keamanan dapat mendukung dan melakukan pengaman dalam acara ini," ajak Syaifullah. 

Pada penyelenggaran Salat Ied, yang bertindak sebagai khatib adalah Ketua MUI Padang, Duski Samad, sedangkan imam salat yaitu Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar, Syaihul Basir. "Allhamdullillah masyarakat Sumbar tahun ini juga masih mendapat perhatian Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan penyembelihan sapi qurban seberat 1, 1 ton," katanya.

Sapi Jokowi ini berasal dari Kota Solok yang diberi nama Adang. Sapi tersebut berjenis Limosin yang merupakan milik peternak sapi di KTK Solok bernama Heridikson Dt Siri Bandaro. Sekretaris Dinas Peternakan Sumatra Barat, M Kamil mengatakan dalam pemilihan sapi ini telah dilakukan seleksi yang ketat dari tiga daerah yakni, Kabupaten Datah Datar, Kota Padang Panjang dan Kota Solok.

"Sapi Adang tersebut dibeli seharga 72 juta oleh Sekretariat Negara, harga tersebut belum dipotong pajak," katanya.

Syarat dari pemilihan sapi sesuai permintaan Presiden Jokowi yaitu harus sehat, ferforma bagus, berat maksimal, merupakan sapi terbaik di provinsi Sumbar serta berasal dari peternak, bukan dari perusahaan yang membidangi. Menurut rencana, Sapi Adang tersebut akan diserahkan ke pengurus Masjid Raya Sumbar dan akan dipotong pada Sabtu (1/8/2020). (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]