Pastikan Hewan Kurban Aman dan Sehat, Dinas Pertanian Pasaman Terjunkan Petugas


Kamis, 30 Juli 2020 - 11:08:02 WIB
Pastikan Hewan Kurban Aman dan Sehat, Dinas Pertanian Pasaman Terjunkan Petugas Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban yang akan disembelih masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli esok. 

"Kita turunkan tim ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban masyarakat yang akan disembilih pada Idul Adha nanti," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romy Zuswandi, Kamis (30/7).

Menurut Romy, pihaknya menjalankan prosedur tetap dan memastikan hewan kurban yang tersedia di pasaran di daerah itu dalam kondisi sehat dan layak untuk di konsumsi oleh masyarakat. 

"Kita punya protap, di mana pada H-3 hingga H-1 kita akan berkordinasi dengan tempat yang akan melakukan penyembelihan hewan kurban. Jadi sebelum hewan ini dipotong akan kembali diperiksa dulu oleh paramedis, apakah hewan yang dimaksud layak atau tidak, ini dilakukan sebelum dan sesudah dipotong," ujarnya.

Dikatakan, upaya tersebut dilakukan agar hewan kurban yang dipotong masyarakat bebas penyakit hewan dan aman untuk dikonsumsi. Romi juga mengingatkan, agar masyarakat waspada dan cermat dalam memilih daging yang untuk dikonsumsi. 

"Paling tidak, masyarakat tahulah ciri-ciri daging yang sehat ketika melihat teksturnya," katanya. 

Untuk menghindari hewan qurban tertular penyakit, Romi melarang masyarakat tidak melakukan pemotongan diatas rumput maupun lantai, karena bisa memicu munculnya penyakit. 

"Pemotongan daging diatas rumput tidak dibenarkan yah. Karena kandungan mikroba sangat tinggi dan rentan menimbulkan penyakit," ucapnya. Romy juga melarang penggunaan kantong plastik untuk pembungkus daging hewan kurban.

Romy menambahkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengurus Masjid terkait hal-hal yang diwajibkan dalam perawatan hewan kurban sebelum dipotong agar mematuhi protokol kesehatan aman Covid-19. 

Selain itu, untuk memastikan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan protokol kesehatan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat. Di mana pengawasan itu melibatkan sejumlah petugas.

"Karena banyak yang di luar RPH, kami jelas lakukan pengawasan lebih ketat. Kami akan terjunkan petugas yang akan mengawasi di masing-masing tempat pemotongan (hewan kurban di luar RPH)," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]