Garap Lahan Tidur, Walikota Pariaman Apresiasi Pemuda Desa Kampung Tangah


Kamis, 30 Juli 2020 - 12:30:04 WIB
Garap Lahan Tidur, Walikota Pariaman Apresiasi Pemuda Desa Kampung Tangah Walikota Pariaman Genius Umar melakukan penanaman jagung di Desa Kampung Tangah, Kecamatan Pariaman, Kota Pariaman, Kamis (30/7). Yuhendra.

HARIANHALUAN.COM - Guna mewujudkan ketahanan pangan dan mengurangi pengangguran, Desa Kampung Tangah Kota Pariaman memanfaatkan sekitar 6 ha lahan tidur yang digarap dengan tiga jenis usaha yang dikelola langsung oleh Badan Usahan Milik Desa (BUMDes).

"Kita mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Kepala Desa Kampung Tangah ini, di mana berhasil memberdayakan pemuda untuk menggarap lahan tidur," kata Walikota Pariaman, Genius Umar saat melakukan penanaman jagung di desa tersebut, Kamis (30/7).

Genius mengatakan, langkah seperti ini juga sangat efektif dalam pemberdayaan generasi muda, di mana sebelumnya hanya menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat dan dengan dirangkul oleh kepala desa ini mereka sudah memiliki kesibukan yang bermanfaat.

"Biasanya kebanyakan anak muda nongkrong di warung, tetapi saat ini mereka berkumpul di sini dan berdiskusi sehingga muncul ide-ide yang bermanfaat," katanya.

Genius mengatakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kota Pariaman, pemerintahan pusat membantu bibit jagung untuk lahan 200 ha. Jadi ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan tidur, sehingga tidak ada lagi lahan tidur di Kota Pariaman ini.

"Tahun ini kita dapatkan bibit jangung untuk lahan seluas 200 ha dari pemerintahan pusat," kata Genius.

Ia mengatakan terobosan seperti ini harus dilakukan oleh semua desa yang ada di Kota Pariaman, saat ini sudah ada dua desa yang ada di Kota Pariaman yang sedang gencar melakukan terobosan yaitu Desa Kampung Tangah dan Desa Kampung Kadang.

"Saya sampaikan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk melakukan pembinaan kepada dua desa ini dan jadikan desa ini sebagai desa percontohan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kampung Tangah, Pariaman Timur, Fahmi Rasyid menyampaikan saat ini ada tiga usaha yang dikelola langsung oleh BUMDes Citra Mandiri yaitu ladang jagung, kolam ikan dan ternak sapi.

"Jadi lahan yang kita manfaatkan ini adalah lahan tidur masyarakat dan lahan milik masjid, dimanfaatkan dengan perjanjian hitam di atas putih," ujarnya.

Awalnya, ide ini muncul melihat banyak lahan yang belum dimanfaatkan di sini maka dengan menggunakan dana desa pihaknya berinisiatif untuk menggarapnya. Setidaknya, ada Rp300 juta yang dialokasikan pada usaha ini.

"Kami alokasikan dana desa dan saat ini sudah memakan anggaran Rp200 juta dari Rp300 juta yang disiapkan," katanya.

Ia mengataka untuk ternak sapi saat ini pihaknya memili satu kandang dengan 10 ekor sapi, dan sapi ini sudah bisa dimanfaatkan untuk kurban pada Idul Adha ini.

"Biasanya setiap tahun kita kalau kurban beli sapi dari luar, jadi tahun ini tidak lagi. Sapinya sudah dari perternakan yang kita kelola saat ini," ujarnya.(*)

loading...
Reporter : Yuhendra /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 14:58:15 WIB

    Geser Geothermal, Sumbar Bakal Garap Proyek SKK Migas

    Geser Geothermal, Sumbar Bakal Garap Proyek SKK Migas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar terus berusaha mendorong peningkatan investasi agar potensi daerah dapat dikelola lebih optimal. Pasalnya, dengan masuknya investasi ke provinsi itu akan berperan memberikan multipli.
  • Selasa, 10 September 2019 - 11:36:06 WIB

    Nagari Ampalu Garap Tiga Hektare Lahan untuk Jagung

    LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak galaknya Limapuluh Kota sebagai sentral produksi jagung nasional oleh Bupati Irfendi Arbi beberapa waktu lalu, kini satu persatu nagari di daerah tersebut siap untuk mensukseskan progr.
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:28:01 WIB

    Garuda Muda Garap Lahan Tidur

    Garuda Muda Garap Lahan Tidur AGAM, HALUAN — Ke­lom­pok Tani Garuda Muda, Ke­ca­matan Kamang Magek, Kabu­paten Agam, mengolah lahan tidur seluas satu hektare menjadi produktif dalam menyikapi program Agam Menyemai..
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 02:37:50 WIB
    Warga Adukan Nasibnya Ke TSR Pemkab

    Belasan Hektare Sawah tak Bisa Digarap

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Belasan hektare lahan sawah dan ladang masyarakat di Nagari Pauah Sangik, Kecamatan Akabiluru, tak bisa lagi digarap pasca banjir bandang beberapa waktu lalu..
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 14:38:50 WIB

    KWT Anggraini Garap Usaha Produktif

    DHARMASRAYA, HALUAN — Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggraini, Jorong Piruko Nagari Sitiung, mampu menggarap usaha pro­duktif skala rumah tangga dengan me­manfaatkan hasil pertanian, terutama me­ngem­­bangkan sumber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]