Warga di Padang Sudah Ada yang Salat Iduladha Hari Ini


Kamis, 30 Juli 2020 - 17:38:32 WIB
Warga di Padang Sudah Ada yang Salat Iduladha Hari Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ribuan anggota jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merayakan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah hari ini, Kamis (30/7). Mereka melaksanakan salat Iduladha pagi hari dan dilanjutkan memotong hewan kurban.

Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Erizon Revindo, mengatakan jemaah tarekat di Sumbar serentak merayakan Iduladha hari ini.

Setiap tahun mereka selalu lebih dulu satu atau dua hari merayakan Iduladha dibandingkan dengan pemerintah. Jemaah tarekat tersebut menghitung waktu hari raya kurban itu bersamaan dengan penentuan awal Ramadan 1441 Hijriah lalu.

"Penentuan Iduladha satu paket dengan penentuan awal Ramadan. Jika awal Ramadan sudah ditentukan, Iduladha juga ditentukan," kata Erzon kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/7).

Erizon mengatakan pada tahun ini pihaknya menentukan awal Ramadan pada Kamis. Karena itu, mereka juga menetapkan Iduladha pada Kamis.

Perhitungan awal Ramadan itu, katanya, berdasarkan metode hisab yang terdapat dalam kitab Munjid. Jemaah Tarekat Naqsabandiyah sudah menggunakan kitab itu turun-temurun sejak 1906.

Erzon menyebut terdapat sekitar 5.000 anggota jemaah Naqsabandiyah dengan sekitar 30 masjid dan musala di Kota Padang. Anggota tarekat paling banyak tersebar di Kecamatan Lubuk Kilangan.

Untuk melaksanakan salat Iduladha, kata Erizon, mereka tidak terpusat di satu tempat, tetapi di sejumlah masjid atau musala Naqsabandiyah. Erizon sendiri mangaku melaksanakan salat Id di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang, Kecamatan Pauh.

Sementara itu pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh esok hari, 31 Juli. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melaksanakan salat id di Istana Kepresidenan Bogor.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]