4 Penyebab Iritasi pada Selangkangan, Wanita Wajib Tahu


Kamis, 30 Juli 2020 - 18:59:01 WIB
4 Penyebab Iritasi pada Selangkangan, Wanita Wajib Tahu ILUSTRASI. Ada banyak hal yang menyebabkan iritasi pada selangkangan. REUTERS/Danny Moloshok

HARIANHALUAN.COM - Selangkangan merupakan salah satu area yang selalu tertutup dari beberapa jenis pakaian. Dengan demikian, apakah bisa menyebabkan iritasi. Jika sudah menimbulkan iritasi, apakah dapat memicu penyakit berbahaya. Lantas, apakah iritasi itu termasuk penyakit menular? Begini penjelasannya.

Mengutip dari American Academy of Dermatology atau AAD (aad.org) melalui Kontan.co.id, Kamis (30/7/2020), ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab iritasi pada selangkangan.

Jock Itch

Penyebab iritasi pada selangkangan yang pertama adalah jock itch atau iritasi yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, iritasi pada selangkangan yang disebabkan karena jock itch terjadi pada atlet karena pakaian ketat membuat kulit menjadi lembab dan hangat sehingga jamur suka berkembang.

Gejala iritasi pada selangkangan akibat jock itch adalah kulit menjadi merah, bersisik, dan muncul ruam serta gatal. Biasanya, iritasi pada selangkangan ini bisa diatasi dengan memberikan perawatan tanpa resep dokter. Namun, jika kondisinya tidak membaik, Anda harus segera berkonsultasi agar kondisinya tidak lebih parah.

Alergi

AAD menjelaskan bahwa iritasi pada selangkangan juga bisa disebabkan karena alergi. Wanita lebih mudah mengalami iritasi pada selangkangan karena alergi akibat pemakaian beberapa produk, seperti vaginal douche atau feminine hygine spray (cairan pembersih vagina) dan pembalut beraroma.

Meski wanita lebih mudah mengalami iritasi pada selangkangan, laki-laki dan anak-anak juga bisa mengalami hal ini. Cara mengatasi iritasi pada selangkangan karena alergi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Kemudian, Anda bisa menghindari pemakaian produk yang menyebabkan alergi.

Psoriasis

Seseorang yang memiliki penyakit Psoriasis di bagian tubuh lain juga bisa mengakibatkan penyakit yang sama di daerah kemaluan. Psoriasis menyebabkan iritasi pada selangkangan dan bagian sekitarnya. AAD mengatakan bahwa kondisi Psoriasis di daerah kemaluan tidak bersisik seperti Psoriasis di bagian tubuh lain.

Namun, rasa gatal dan sakit tetap terasa. Untuk perawatan terbaik, ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter karena menyembuhkan Psoriasis di bagian kemaluan cukup berbeda dari Psoriasis di bagian lain.

Kanker Kulit

Iritasi pada selangkangan juga bisa disebabkan karena kanker kulit. Kanker kulit bisa berkembang pada penis, skrotum, anus, dan area antara penis atau vagina dengan anus. Mengutip dari AAD, gejala iritasi pada selangkangan akibat kanker kulit adalah rasa gatal yang tidak bisa hilang.

Gejala lain yang bisa timbul adalah rasa sakit, berdarah, dan lain-lain. Cara penanganan kanker kulit penyebab iritasi pada selangkangan adalah dengan menjalani pemeriksaan di dokter. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]