Ternyata, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Menerjemahkan Bahasa Asing hingga Scan Dokumen Lho


Kamis, 30 Juli 2020 - 19:22:48 WIB
Ternyata, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Menerjemahkan Bahasa Asing hingga Scan Dokumen Lho Foto: GSMArena

HARIANHALUAN.COM - Selama ini kamu pasti selalu menggunakan kamera handphone (hp) hanya untuk mengambil gambar dan membuat video. Tapi tahu gak sih? Ternyata, kamera ponsel juga bisa digunakan untuk menterjemahkan bahasa asing lho.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (30/7/2020), sebenarnya, fungsi utama kamera memanglah untuk berfoto. Namun dengan aplikasi yang tepat banyak hal praktis yang bisa kalian lakukan dengan kamera ponsel.

1. Menerjemahkan Bahasa Asing

Dengan aplikasi Google Translate atau Microsoft Translator, kalian bisa dengan mudah menerjemahkan bahasa asing tanpa perlu mengetiknya. Kalian bisa memotret kalimat dalam bahasa asing tersebut dan akan segera mendapatkan terjemahannya. Terjemahan bisa berjalan otomatis melalui pemindaian langsung dan teknologi augmented reality seperti pada Google Translate. Jika kalian pergi ke luar negeri dan ingin tahu arti petunjuk jalan, fungsi kamera yang satu ini bisa sangat berguna.

2. Scan Dokumen

Kalian bisa mengubah dokumen menjadi format digital dengan menggunakan kamera. Entah itu kartu nama, surat, atau dokumen lainnya. Kalian bisa melakukan scanning dokumen dengan beberapa aplikasi Cloud seperti Google Drive dan Dropbox. Selain itu, ada juga aplikasi khusus untuk scan dokumen seperti Office Lens atau CamSanner. Aplikasi scan biasanya akan melakukan koreksi optik, misalnya pada posisi kertas yang miring bisa menjadi lurus. Dengan begitu gambar dokumen lebih layak untuk dibaca.

3. Akses Website atau Informasi Online

Kalian juga bisa menggunakan kamera ponsel untuk mencari suatu informasi online seperti judul buku atau mengakses suatu website dengan memindai QR Code atau barcode. Dengan begitu, kalian bisa langsung mengakses suatu website atau informasi online tanpa perlu mengetiknya di handphone. Beberapa ponsel sudah memasang fungsi ini di aplikasi kamera bawaan mereka. Jika kamera ponsel kalian belum memiliki fitur tersebut, kalian bisa mencari aplikasi QR code atau barcode scanner baik di Play Store maupun di App Store. Selain itu, kalian juga bisa mencari informasi dari foto menggunakan Google Lens.

4. Objek Augmented Reality

Fungsi yang satu ini sangat populer terutama karena untuk selfie dan game. Jika kalian pernah memasang filter foto atau video di Instagram Stories atau Snapchat dan bermain Pokemon Go, kalian berarti sudah menggunakan fitur augmented reality. Ada banyak aplikasi yang menghadirkan fitur augmented reality yang menarik. Kalau kalian suka tato, kalian bisa mencoba Inkhunter. Jika ingin belajar soal konstelasi bintang, kalian bisa coba Star Walk atau SkyView. Atau jika ingin mencoba riasan di wajah, kalian bisa mencoba Sephora. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 23:06:55 WIB

    Ternyata, Begini Caranya Nonton YouTube Tanpa Iklan

    Ternyata, Begini Caranya Nonton YouTube Tanpa Iklan HARIANHALUAN.COM - Kamu yang ingin menikmati video YouTube tanpa iklan, kini kamu tak perlu lagi berlangganan premium. Sekarang ada acara mudah yang bisa memblokir iklan YouTube. .
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 19:15:33 WIB

    Ternyata, Ini Penyebab Main Game Sering Ngelag

    Ternyata, Ini Penyebab Main Game Sering Ngelag TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Masalah ngelag saat main game di ponsel merupakan kondisi yang menjengkelkan karena mengganggu keasyikan saat bermain. Lagging pada ponsel dipengaruhi oleh beberapa faktor. .
  • Sabtu, 25 April 2020 - 22:10:48 WIB

    Ternyata, 160 Ribu Akun Nintendo Sudah Dibajak Sejak Awal April

    Ternyata, 160 Ribu Akun Nintendo Sudah Dibajak Sejak Awal April JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Nintendo baru saja mengkonfirmasi adanya usaha pembajakan terhadap lebih dari 160,000 akun Nintendo Network ID (NNID) sejak awal April..
  • Selasa, 21 April 2020 - 08:54:00 WIB

    Wabah Corona! Ternyata, Ada Ponsel yang Bisa Dicuci Pakai Sabun

    Wabah Corona! Ternyata, Ada Ponsel yang Bisa Dicuci Pakai Sabun TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Sejak pandemi Covid-19 merebak, orang jadi sangat memperhatikan dan menjaga kebersihan. Tak cuma rajin cuci tangan, banyak orang juga menjaga kebersihan benda lain seperti ponsel..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 07:54:15 WIB

    Ternyata, Ini Kata Sandi yang Sering Dipakai untuk Pelanggaran Data

    Ternyata, Ini Kata Sandi yang Sering Dipakai untuk Pelanggaran Data JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ternyata tak perlu punya password yang sulit untuk ditebak. Pakar keamanan siber Matias Woloski mengatakan bukan salah Anda punya kata sandi yang mudah ditebak atau menggunakan password pada beber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]