Penghina Ahok-Puput Tak Ditahan, Karena Ancaman Hukuman di Bawah 5 Tahun


Kamis, 30 Juli 2020 - 20:03:49 WIB
Penghina Ahok-Puput Tak Ditahan, Karena Ancaman Hukuman di Bawah 5 Tahun Tersangka penghinaan Ahok

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua tersangka inisial KS (67) dan EJ (47) berhasil diamankan Polda Metro Jaya atas tindakan pencemaran nama baik kepada Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.Meski sudah berstatus sebagai tersangka, keduanya kini tidak ditahan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan hal itu akibat ancaman hukuman yang dikenakan kepada dua pelaku tersebut di bawah 5 tahun penjara. Keduanya dijerat dengan UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara.

"Proses ini masih berjalan, masih berlanjut. Ancamannya pasal 27 ayat 3 dan pasal 45 UU 11 tahun 2008 tentang ITE ancaman 4 tahun penjara. Yang bersangkutan karena ancaman di bawah 5 tahun tahun kita tidak lakukan penahanan," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/7/2020) seperti dilansir detik.com.

Meski tidak dilakukan penahanan, Yusri memastikan kedua tersangka tersebut dikenakan wajib lapor. Kewajiban tersebut harus dilakukan keduanya hingga sampai proses pemberkasan perkara kedua tersangka tersebut selesai.

"Kasus tetap berjalan dan yang bersangkutan dikenakan, diwajibkan wajib lapor sampai menunggu pemberkasan selesai," ujarnya.

Yusri menjelaskan, kasus pencemaran nama baik Ahok tersebut pertama kali dilaporkan oleh kuasa hukumnya, Ahmad Ramzy pada Sabtu (16/5) lalu. Kasus tersebut kemudian ditangani oleh Subdit Cyber Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Tim penyidik kemudian melakukan penyelidikan dan memeriksa klarifikasi terhadap 4 orang termasuk Ahok serta 3 saksi pada Kamis (16/6) lalu.

"Kemudian tanggal 17 Juli naik ke sidik (penyidikan) berdasarkan hasil gelar perkara dan kemudian hasilnya adalah sudah memenuhi unsur pidana di Pasal 27 ayat 3 juncto pasal 45 UU 19 tahun 2016 tentang perubahan UU 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancamannya 4 tahun penjara," terang Yusri.
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]