Jangan Lupa, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Agustus 


Kamis, 30 Juli 2020 - 20:22:21 WIB
Jangan Lupa, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Agustus  Foto: Infografis/Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja/Arie Pratama

HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran gelombang keempat program kartu prakerja rencananya akan dibuka pada Agustus mendatang. Hanya saja, Penanggung jawab Kartu Prakerja enggan memberitahukan kapan pengumumaan resmi pendaftaran tersebut.

"Kemungkinan besar Agustus jalan lagi," ujarnya, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (30/7/2020).

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, dan Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky sudah dicoba dikonfirmasi. Namun, Rudy, Denni, dan Panji tidak memberikan tanggapan apapun saat ditanyai mengenai pembukaan pendaftaran gelombang keempat.

Rudy pernah mengatakan pendaftaran program kartu prakerja gelombang 4 akan dibuka pada akhir Juli 2020. Namun, hari ini, Kamis (30/7/2020) belum ada tanda-tanda program tersebut akan dibuka.

Ia menyebut gelombang keempat akan dilaksanakan setelah lembaga pelatihan diverifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kita berharap selesai minggu ini, aturan pelaksanaan dan turunan permenko diselesaikan paralel sehingga minggu keempat bisa dibuka batch keempat," jelas Rudy di Kemenko Perekenomian.

Para calon pendaftar yang minat untuk mengikuti gelombang keempat, peserta umum harus 'bersikutan' dengan whitelist yang sudah dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Di mana ada 1,7 juta orang yang datanya sudah diverifikasi untuk bisa mengikuti program Prakerja untuk lima gelombang ke depan. Ada 500 ribu peserta yang akan dipilih untuk ikut program Kartu Prakerja gelombang 4 ini.

Sebelumnya aturan ini dihentikan pada pertengahan Mei lalu karena melakukan evaluasi pelaksanaan dan menunggu payung hukum baru guna menjalankan program semi bansos ini.Kini pelaksanaan program kartu prakerja diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

Adapun sudah ada 680 ribu peserta kartu prakerja yang diterima. Pemerintah menargetkan, sampai akhir tahun akan ada 5,6 juta orang yang akan mendapatkan program ini. Pemerintah juga sudah menjadikan program bantuan sosial untuk sebagai bentukan jaring pengaman sosial untuk masyarakat yang terkena PHK dan dirumahkan. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]