Seminggu Gelaran Ops Patuh, Polres Dharmasraya Tilang 117 Kendaraan


Kamis, 30 Juli 2020 - 20:36:57 WIB
Seminggu Gelaran Ops Patuh, Polres Dharmasraya Tilang 117 Kendaraan Petugas Satlantas Polres Dharmasraya saat menindak dan menegur pengguna jalan yang masih dibawah umur, Kamis (30/7).

HARIANHALUAN.COM - Seminggu pelaksanaan gelaran Operasi Patuh Singgalang 2020, Jajaran Satuan Lalulintas Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatera Barat, telah menerbitkan sebanyak 117 lembar surat bukti pelanggaran (Tilang).

"Pelanggaran paling mendominasi adalah tidak menggunakan pelindung kepala bagi pengendara roda dua, mengendarai dibawah umur dan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM)," ungkap Kasat Lantas Polres setempat, IPTU Feri Yuzaldi SH di Dharmasraya, Kamis (30/7).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga masih menemukan unit kendaraan yang tidak memasang plat nomor polisi dan menggunakan knalpot tidak standar dengan tujuan sengaja menimbulkan suara bising oleh pemilik kendaraan tersebut.

"Sementara pelanggaran yang sering ditemui bagi pengendara roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara," ujarnya.

Namun demikian pihaknya menegaskan penindakan hukum yang dilakukan dalam operasi akan mengedepankan upaya persuasif dan humanis.

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT, mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dalam menggunakan kendaraan baik roda dua atau pun menggunakan roda empat,wajib menggunakan masker demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Selain mematuhi seluruh aturan berlalu lintas, menggunakan telepon seluler saat berkendala juga menjadi titik perhatian petugas untuk ditegur dan ditindak, demi menekan risiko kecelakaan akibat kelalaian yang disengaja," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, kepada orang tua agar tidak mengizinkan anaknya berkendara jika masih dibawah umur karena secara mental mereka belum siap mental dan belum bisa memahami tata tertib dijalan raya.

"Mari sama-sama kita wujudkan keselamatan berlalu lintas dengan membudayakan taat aturan dan ketertiban berlalu lintas sebagai kebiasaan sehari-hari," imbuhnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]