40 Pegawai di Kantor Gubernur Jawa Barat Positif Covid-19


Kamis, 30 Juli 2020 - 20:46:15 WIB
40 Pegawai di Kantor Gubernur Jawa Barat Positif Covid-19 Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja. Foto: Pemprov Jabar

HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 terus meluas. Kali ini yang menjasi korban adalah pegawai di kantor Gubernur Jawab Barat. Sedikitnya 40 orang dari pegawai terdampak. Hasil itu diungkap setelah melakukan tes swab pada Senin (27/7/2020) lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan pelacakan untuk memutus mata rantai penularan di 40 orang positif tengah dilakukan.

"Jika setiap orang ada 20 kontak, berarti semuanya ada 800. Datanya ada, by name by addres. Semua ada," ujar Setiawan di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, dikutip dari Viva.co.id, Kamis, 30 Juli 2020.

Setiawan menerangkan, Gedung Sate di masa pandemi mudah diakses meski memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat. Dengan demikian pihaknya belum bisa berkesimpulan terkait penyebab penularan di Gedung Sate.

"Gedung Sate cukup terbuka. Ada yang studi banding, kita menerima beberapa tamu, di setiap biro, bervariasi. Jadi tidak ada pola (penyebaran) yang seragam," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, Gedung Sate, yang merupakan kantor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ditutup sementara karena terkonfirmasi sebanyak 40 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan staf pendukung dinyatakan positif idap virus corona (COVID-19 ). Itu setelah berlangsung tes swab, Senin, 27 Juli 2020.

Gedung Sate sebelum terungkapnya kasus positif memberlakukan akses terbuka bagi kegiatan publik. Oleh karena itu, Setiawan menilai pihaknya belum bisa memastikan kasus ini merupakan klaster baru dalam sebaran COVID-19 di Jawa Barat.

Sejumlah 40 orang yang positif ini terlacak berdomisili di kawasan Bandung raya, seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Cimahi. Untuk rentang usia rata-rata antara 20-40 tahun. Ada yang di atas 50 tahun dan ada juga yang masih 19 tahun. 

"Kemudian dari 40 ini yang PNS kurang lebih 17, non PNS 23 artinya ini supporting staff mulai dari pengamanan, cleaning service artinya sumber penularannya ini bisa bermacam-macam," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]