Pilkada Bisa Jadi Ajang Tekan Penularan Corona? Ini Saran Tito


Kamis, 30 Juli 2020 - 21:22:20 WIB
Pilkada Bisa Jadi Ajang Tekan Penularan Corona? Ini Saran Tito Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginginkan agar Pilkada 2020 menjadi ajang untuk menekan angka penularan virus Corona (COVID-19). 

Ia menyarankan, pilkada jadi momentum menurunkan angka penularan Corona menjadi salah satu tema sentral dalam debat Pilkada ini. Kepala daerah adu gagasan dalam penanganan COVID-19, dan dampak sosial-ekonominya.

"Masukan penting, ini saya mengapresiasi tema yang diangkat oleh KPU, karena hampir sama dengan tema yang kami inginkan juga, yaitu pilkada sebagai gerakan perlawanan COVID-19. Sama, kami pun meminta kepada KPU, kalau bisa tema-tema dan menjadi salah satu tema sentral dalam debat Pilkada ini, adu gagasan perang kepala daerah dalam penanganan COVID-19, dan dampak sosial-ekonominya," kata Tito saat konferensi pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020).

"Jadi, nggak lihat pilkada ini sebagai bagian yang terpisah dari perlawanan COVID, atau protokol COVID hanya sekadar untuk melindungi penyelenggara dan pemilih dari Pilkada, tidak. Tapi justru, pilkada ini menjadi momentum emas dalam rangka untuk menekan penularan COVID," sambungnya.

Lantas, bagaimana caranya agar Pilkada 2020 jadi ajang dalam menekan penularan Corona? Caranya, sebut Tito, masing-masing pasangan calon harus beradu gagasan mengenai upaya menekan angka penularan Corona.

"Caranya gimana? Ya caranya temanya diangkat mengenai COVID. Silakan kontestan adu gagasan, adu berbuat untuk menekan COVID-19, karena ini (pandemi Corona) menyangkut masalah setiap orang, masyarakat banyak,"ujarnya.

Tito menyarankan agar masing-masing pasangan calon kepala daerah diizinkan memasang gambar wajah mereka pada masker dan hand sanitizer sebagai alat peraga kampanye. Menurut Tito, hal tersebut dapat memasifkan gerakan pencegahan penularan Corona.

"Kemudian juga dimasukkan dalam aturan KPU, misalnya alat peraga masker dan hand sanitizer boleh pakai gambar nama kontestan, misalnya seperti itu. Sehingga terjadi pembagian masker dan hand sanitizer secara masif oleh para kontestan," imbuhnya.

Tito kemudian membayangkan apabila penyelenggara pilkada menjadi agen perlawanan terhadap Corona. Jika apa yang dibayangkan terjadi, Tito meyakini masyarakat akan tergerak untuk melakukan hal yang sama.

"Bayangkan kalau seandainya tema dan keinginan dari KPU agar penyelenggara jadi agen perlawanan terhadap COVID-19 semua memakai masker, menggunakan protokol hand sanitizer, serta menggunakan face shield. Ini betul-betul bisa membuat masyarakat, menjadi bergerak, sosialisasi kepada masyarakat dan menjadi model bagi masyarakat 3 juta lebih," tandasnya

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 07:21:56 WIB

    Dinasti Politik, Warna Baru Pilkada Serentak 2020

    Dinasti Politik, Warna Baru Pilkada Serentak 2020 HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, bahwa kontestasi Pilkada serentak 2020 ini tidak akan mendapat banyak calon kuat yang akan maju berkontestasi..
  • Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:03:24 WIB

    KPU Sumbar Gelar Perlombaan Jelang Pilkada Saat Ada Larangan Pemko Padang?

    KPU Sumbar Gelar Perlombaan Jelang Pilkada Saat Ada Larangan Pemko Padang? HARIANHALUAN.COM - Dalam menyemarakkan pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menyediakan enam jenis perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat. Sementara, Pemko Pad.
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:12:55 WIB

    Maryanto dan Yulisman Kantongi SK PBB di Pilkada Pasbar

    Maryanto dan Yulisman Kantongi SK PBB di Pilkada Pasbar HARIANHALUAN.COM - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat periode 2020 – 2024, Maryanto dan Yulisman mendapatkan dukungan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB)..
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 17:09:00 WIB

    Jelang Pilkada Dharmasraya 2020, Bawaslu: ASN Tak Netral Akan Disanksi Berat

    Jelang Pilkada Dharmasraya 2020, Bawaslu: ASN Tak Netral Akan Disanksi Berat HARIANHALUAN.COM - Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Alde Rado MA, mengingatkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) jika melangg.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 12:20:19 WIB

    Bawaslu harus Cari Solusi Atasi Dinasti Keluarga di Pilkada 2020

    Bawaslu harus Cari Solusi Atasi Dinasti Keluarga di Pilkada 2020 HARIANHALUAN.COM - Calon dari dinasti politik tidak bisa dijamin akan menang. Yoes Chandra Kenawas menilai bahwa institusi politik yang ada di Indonesia saat ini memang menguntungkan orang-orang yang punya koneksi keluarga. T.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]