Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Perlu Dicuci Dulu?


Jumat, 31 Juli 2020 - 07:43:41 WIB
Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Perlu Dicuci Dulu? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hari Raya Iduladha biasanya akan langsung disambung dengan prosesi penyembelihan hewan kurban. Tapi, tentu tidak semua daging kurban akan langsung diolah saat itu juga. Sebagian orang memilih untuk menyimpannya dulu di kulkas.

Nah, sebelum menyimpannya di kulkas, Anda perlu tahu dulu bagaimana cara menyimpan daging kurban yang benar agar tetap layak dikonsumsi.

Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group mengatakan sangat penting memperhatikan suhu untuk menyimpan daging.

"Daging kurban kalau disimpan dalam jangka waktu lama, perlu suhu sekitar 3 hingga 5 derajat celcius," ujar Chef Stefu dalam diskusi Kulwap Media beberapa waktu lalu.

Dibandingkan daging yang langsung diolah setelah dipotong, daging yang disimpan lebih dulu biasanya akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan nikmat saat diolah menjadi sate, steak, rendang, dan lainnya.

Waktu penyimpanan yang dibutuhkan adalah minimal 18 hari. Dalam waktu tersebut, daging akan mencapai titik lembut secara maksimal saat nanti dikeluarkan dari pendingin.

Chef yang juga president of association of culinary professionals itu tidak permasalahkan jika sebelum disimpan daging dicuci lebih dulu atau tidak. Tentu saja, beberapa hal harus diperhatikan, khususnya melihat kriteria daging.

"Kalau mau dicuci dan tidak, sebenarnya nggak masalah. Tapi kalau kita tahu bahwa itu sudah dipotong dan ditaruh di lantai, sebaiknya dicuci kemudian disimpan dalam plastik, kemudian di vakum. Tujuannya untuk menghindari kontaminasi bakteri," tutupnya.

Sementara itu, rekomendasi penyimpanan untuk daging kambing, Chef Stefu menyarankan temperaturnya harus benar, yaitu antara 3 hingga 5 derajat celcius.

"Kalau daging mau langsung disimpan beku tidak masalah. Penyimpanan beku bisa bertahan 2 hingga 3 bulan, meskipun sebenarnya bisa lebih dari itu," tutupnya. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 06:31:17 WIB

    Tips Sehat, Ini Pedoman Asupan Nutrisi pada Tiap Dekade Usia

    Tips Sehat, Ini Pedoman Asupan Nutrisi pada Tiap Dekade Usia HARIANHALUAN.COM - Entah masih usia 20-an atau jelang 60-an, pada dasarnya asupan Anda harus tetap mengandung gizi seimbang. Anda musti tetap mengonsumsi protein, fokus pada sumber karbohidrat yang sehat, konsumsi buah dan sa.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 12:15:10 WIB

    Tips Mencegah Diabetes di Usia Muda

    Tips Mencegah Diabetes di Usia Muda HARIANHALUAN.COM - Penyakit diabetes tipe II bisa menghantui Anda bila asal mengkonsumsi makanan dan minuman. Bila tidak ingin terkena diabetes di usia muda, baiknya mulai lakukan tips berikut ini. .
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:15:44 WIB

    Agar Tak Tertular Covid-19, Ini Tips Aman Gunakan Toilet Umum

    Agar Tak Tertular Covid-19, Ini Tips Aman Gunakan Toilet Umum HARIANHALUAN.COM - Memasuki era new normal, muncul rasa kekhawatiran bagi sejumlah orang. Hal ini dikarenakan kembali beraktivitasnya orang-orang dan juga potensi penggunaan fasilitas umum, misalnya toilet..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:52:54 WIB

    Tips Aman Tangani Hewan Kurban di Masa Pandemi Covid-19

    Tips Aman Tangani Hewan Kurban di Masa Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ibadah kurban merupakan ibadah agung bagi umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Tahun ini, ibadah kurban akan menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya..
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 11:01:17 WIB

    Hati-hati Ikut Rapid Test Gratis Jangan Sampai Malah Ketularan, Ini Tips Amannya

    Hati-hati Ikut Rapid Test Gratis Jangan Sampai Malah Ketularan, Ini Tips Amannya HARIANHALUAN.COM - Semakin banyak masyarakat menemukan layanan pemeriksaan rapid test Covid-19 di tempat umum. Di Jakarta sendiri, layanan ini bisa Anda temukan di dekat Stasiun MRT Dukuh Atas dan beberapa tempat lainnya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]