Luhut Sebut Dibukanya Wisata Bali Sudah Melalui Kajian Mendalam


Jumat, 31 Juli 2020 - 11:15:39 WIB
Luhut Sebut Dibukanya Wisata Bali Sudah Melalui Kajian Mendalam Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, reaktivasi sektor wisata di Pulau Dewata telah melalui sejumlah kajian tentang kondisi penyebaran wabah Corona dan pelbagai pertimbangan lainnya.

"Bukan asal dibuka, semua itu berangkat dari berapa jumlah yang infeksi, berapa jumlah yang sembuh, berapa mortality rate-nya. Nah itu menjadi acuan, apakah dia (Bali) masuk zona merah, apa kuning atau hijau," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat, 31 Juli 2020.

Luhut mengklaim tak ada lagi wilayah yang tergolong zona merah di pulau ini. Beberapa lokasi, tutur dia, hanya tergolong sebagai zona kuning dan mayoritas sudah ditetapkan sebagai zona hijau.

Di samping itu, Luhut mengatakan pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang komprehensif dalam penanganan Covid-19 sehingga semua sektor, termasuk pariwisata, sudah mulai dilakukan reaktivasi.

Dalam masa pemulihan ekonomi, tutur dia, pemerintah menyiapkan sejumlah program bantuan stimulus agar korporasi maupun UMKM bisa kembali bangkit. Begitu juga pelaku usaha wisata.

Luhut mengakui, pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi sektor pariwisata. Menyitir data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara pada Mei 2020 turun hinga 86,9 persen secara year on year. Bank Indonesia juga mencatat bahwa realisasi devisa pariwisata pada Mei 2020 mengalami kontraksi hingga -97,3 persen.

Saat tahap pembukaan kembali pariwisata dilakukan, Luhut pun memastikan pemerintah telah meminta semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi gelombang pandemi lanjutan.

Tanpa menerapkan disiplin protokol, Covid-19 tidak akan terkendali dan masalah itu bakal berbuntut bagi persoalan ekonomi lebih lanjut.

"Protokol kesehatan sampai ditawar-tawar. Kita semua harus bahu-membahu untuk menegakkan disiplin ini," ucapnya.

Bali saat ini menjadi tulang punggung bagi kunjungan wisman ke Tanah Air. Data BPS merekam bahwa 60 persen wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia berwisata ke Bali. Pariwisata Bali juga menyumbang 28,9 persen devisa pariwisata nasional, yakni sebesar Rp 75 triliun. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 07:28:32 WIB

    Luhut: Belanja di UMKM Bisa Dapat Cashback Rp 750 Ribu

    Luhut: Belanja di UMKM Bisa Dapat Cashback Rp 750 Ribu HARIANHALUAN.COM - Warga +62 bakal mendapatkan stimulus tambahan dari pemerintah di perayaan HUT RI ke-75. Akan ada pesta promosi dalam bentuk cashback hingga Rp 750.000 bagi masyarakat yang berbelanja produk dalam negeri bua.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:07:09 WIB

    Kata Luhut, dari 500 TKA yang Masuk, 5.000 Tenaga Ahli Bisa Tercipta!

    Kata Luhut, dari 500 TKA yang Masuk, 5.000 Tenaga Ahli Bisa Tercipta! HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut jika kita tidak perlu khawatir dengan keberadaan TKA..
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:02:04 WIB

    Jokowi Tes Swab, Luhut Bocorkan Kondisi Presiden RI

    Jokowi Tes Swab, Luhut Bocorkan Kondisi Presiden RI HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan merespons kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bakal melakukan tes swab lebih cepat karena sempat bertemu Wakil Wali Kota Sol.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 10:08:26 WIB

    Luhut Sebut Lebih dari 2.000 Hotel Berhenti Beroperasi karena Pandemi

    Luhut Sebut Lebih dari 2.000 Hotel Berhenti Beroperasi karena Pandemi HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pandemi corona telah memberikan dampak yang besar bagi sektor pariwisata dan turunannya. Akibat anjloknya jumlah w.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 13:13:40 WIB

    Menko Luhut Buka 'Rahasia' Kenapa Indonesia Tak Lockdown Lawan Corona

    Menko Luhut Buka 'Rahasia' Kenapa Indonesia Tak Lockdown Lawan Corona HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan menjelaskan bahwa pada saat ini perubahan dan pergolakan dunia dampak dari pandemi global covid-19, berlangsung sangat cepat dan dina.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]