Punya Penghasilan Rp20 Ribu Sehari, Badut Jalanan Ini Ternyata Menafkahi 300 OGDJ


Jumat, 31 Juli 2020 - 13:56:07 WIB
Punya Penghasilan Rp20 Ribu Sehari, Badut Jalanan Ini Ternyata Menafkahi 300 OGDJ Rinno, badut jalan yang menafkahi ratusan ODGJ di Yogyakarta. (hops.id)

HARIANHALUAN.COM - Sebuah video yang diunggah akun Instagram platform penggalangan dana sosial @kitabisacom menjadi viral di sosial media dan mengandung bawang. Video tersebut menceritakan kehidupan seorang badut di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengabdikan hidupnya untuk menafkahi ratusan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dia adalah Rinno, seorang pria yang mengenakan kostum badut tokoh perempuan berkepala besar. Setiap hari Rinno berkeliling di persimpangan untuk menghibur pengguna jalan. "Berbagi itu enggak ada ruginya, enggak bikin kita jadi miskin," kata Rinno dalam tayangan video.

Sepanjang hari Rinno bergoyang di jalan. Ia akan mendekati pengguna jalan bila lampu merah menyala. Dia akan mengacungkan kaleng makanan kosong untuk mendapatkan uang dari pengguna jalan lainnya. Bekerja di bawah terik matahari dengan kostum yang tentu saja membuat gerah, penghasilan Rinno hanya sebesar Rp20 ribu per hari.

Tak hanya menafkahi istri dan anaknya, uang tersebut juga dia gunakan untuk memberi makan 300 ODGJ yang ada di panti. Rinno bahkan sempat menggadaikan harta bendanya untuk memenuhi kebutuhan penghuni panti. Video mengenai Rinno tersebut diunggah pada Rabu (29/7/2020). Kini video tersebut sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali. Ada ribuan lebih komentar yang ditinggalkan warganet pada unggahan tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]