Jokowi dan Atta Halilintar Sumbang Sapi Limosin, Apa Itu?


Jumat, 31 Juli 2020 - 14:11:52 WIB
Jokowi dan Atta Halilintar Sumbang Sapi Limosin, Apa Itu? Sapi limosin.

HARIANHALUAN.COM - Youtuber Atta Halilintar membeli sapi jenis Limosin untuk kurban saat Idul Adha 2020. Sulung dari kesebelasan Gen Halilintar itu tak jauh berbeda dengan Presiden Jokowi yang kerap membeli jenis sapi serupa untuk berkurban. Bila Atta Halilintar membeli jenis sapi itu untuk berkurban pada tahun 2020, Jokowi lebih dahulu memilih sapi Limosin untuk bantuan kurban tahun-tahun sebelumnya.

Seperti saat Idul Adha 2019, jenis sapi persilangan Limosin-Madura disembelih di halaman Masjid Al Hikmah, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur pada 11 Agustus 2019. Bobot sapi itu mencapai 1,171 kilogram. Sementara, harganya ditaksir mencapai Rp70 juta. Di tahun 2020, Jokowi juga menyumbangkan sapi berjenis Limosin untuk disembelih saat Idul Adha. 

Sapi itu berbobot 1,1 ton dengan banderol harga Rp72 juta. Masyarakat Solok, Sumatera Barat (Sumbar), kini sedang menyembelihnya untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Bentuk sapi Limosin bila dibandingkan dengan sapi lokal memang berbeda. Badannya lebih berotot, bagian tubuhnya dipenuhi daging, kadang berwarna merah kecokelatan dan ditumbuhi tanduk.

Di Indonesia, sapi Limosin rata-rata persilangan antara jenis Ongole dan Brahman. Sapi 'raksasa' itu dahulu berasal dari Haute-Vienne, Prancis. Salah satu penjual kurban yang ditemui Tagar di wilayah Bekasi Barat mengatakan sapi jenis Limosin membutuhkan perawatan yang ekstra. Meski demikian, bukan berarti sapi tersebut sangat diistimewakan daripada sapi jenis lain.

"Sapi itu [Limosin] perlu dipijit-pijit agar ototnya berkembang. Beda dengan sapi lainnya tapi tetap dipakai untuk membajak sawah," ujar Ahmad, warga Madura yang menjajakan hewan kurbannya di Jalan Raya Pejuang, Bekasi Utara, Jumat 31 Juli 2020.

Ahmad mengaku tak memberikan pakan yang sulit ditemukan bagi hewan yang dimilikinya, termasuk sapi Limosin miliknya. Sapi Limosinnya tak mengonsumsi pakan yang dijual di pasaran tetapi alami berasal dari alam. Mulai dari rumput gembala sampai rumput gajah. "Ada legum, tanaman polong, biasanya tumbuh di pagar-pagar itu, dikasih ganti-gantian. Besok legum, sekarang rumput gajah, gitu," katanya.

Bagi yang berminat membelinya, dikutip dari agroindustri.id, harga yang perlu dirogoh untuk mendapatkan sapi jenis Limosin berusia 5-6 bulan yaitu Rp 14 juta per ekor, 6-8 bulan seharga Rp 17,5 juta per ekor, 8-10 bulan seharga Rp 19 juta per ekor, 1-2 tahun seharga Rp 23 juta per ekor. (*)

loading...
 Sumber : tagar.id /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 23:10:07 WIB

    Intip Curhat 8 Selebriti Top yang Diundang Jokowi ke Istana Negara

    Intip Curhat 8 Selebriti Top yang Diundang Jokowi ke Istana Negara HARIANHALUAN.COM – Presiden Joko Widodo mengundang sejumlah selebriti papan atas Tanah Air ke Istana Negara, Jakarta pada Selasa 14 Juli 2020. Lantas, apakah yang sebenarnya menjadi agenda pertemuan tersebut?.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 11:48:01 WIB

    Waduh..! Jokowi Cerita Ditawari Obat Penggemuk Badan di IG

    Waduh..! Jokowi Cerita Ditawari Obat Penggemuk Badan di IG JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini memberikan pengarahan dalam pagelaran Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Assembly Hall, The Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta..
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 17:09:08 WIB

    Ayu Ting Ting-Syahrini Kalahkan Jokowi di IG

    Ayu Ting Ting-Syahrini Kalahkan Jokowi di IG JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Layanan media sosial populer, Instagram merilis tren dan momen favorit yang terjadi khususnya di Indonesia sepanjang tahun 2019..
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 16:48:27 WIB

    Adu Rap Prabowo VS Jokowi Video Terpopuler YouTube Indonesia

    Adu Rap Prabowo VS Jokowi Video Terpopuler YouTube Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Video bertajuk Prabowo VS Jokowi - Epic Rap Battles of Presidency buatan kreator Andovi dan Jovial da Lopez ditetapkan sebagai video paling populer di YouTube Indonesia selama 2019..
  • Ahad, 17 November 2019 - 08:37:23 WIB

    Netizen Ributkan Nama Panggilan Cucu Jokowi

    Netizen Ributkan Nama Panggilan Cucu Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo, La Lembah Manah menjadi perbincangan netizen setelah diumumkan pada Jumat (15/11) malam..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]