Sapi Seharga Mobil Ini Laris Manis di Kalangan Pesohor saat Idul Adha


Jumat, 31 Juli 2020 - 19:48:41 WIB
Sapi Seharga Mobil Ini Laris Manis di Kalangan Pesohor saat Idul Adha Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sapi limosin yang harganya fantastis, bahkan sampai ratusan juta rupiah masih menjadi hewan kurban favorit pesohor tanah air. Bobot sapi limosin ini memang jauh berbeda dengan sapi lainnya, mulai dari ratusan kilogram (kg) sampai 1 ton. Tak heran, harganya hampir menyamai mobil merek Toyota Innova.

Salah satu pesohor Tanah Air yang gemar berkurban sapi limosin ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari catatan detikcom, pada tahun 2018 Jokowi memilih sapi limosin seberat 1,5 ton untuk ibadah kurban. Sapi itu disembelih di Masjid Istiqlal bersama hewan serupa milik Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla.

Kemudian, di tahun 2019 Jokowi kembali memilih sapi limosin untuk kurban, kali ini beratnya 1,7 ton. Sapi berwarna coklat terang ini dirobohkan beberapa petugas pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal sebelum disembelih.

"(Sapi Jokowi) beratnya sekitar 1,7 ton. Ini sapinya jenis limosin. Umurnya sekitar 3,5 tahun, ya, sama kayak umur ngerawat-nya," ujar Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

Di tahun 2020 ini, Jokowi lagi-lagi memilih sapi limosin sebagai sebagai hewan kurban Idul Adha 2020. Jokowi membeli dua ekor sapi berukuran besar yang akan dikirim ke dua masjid di Solo, Jawa Tengah.

"Untuk Masjid Agung Surakarta, sapinya seberat 1.030 kilogram. Untuk Masjid Al-Wustho seberat 930 kilogram," kata Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto.

Jokowi membeli dua sapi jenis limosin tersebut dari tempat yang berbeda. Satu dari Glondongan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo dan satu lagi dari Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Pesohor Tanah Air lainnya yang pernah berkurban sapi limosin ialah keluarga Anang Hermansyah. Dalam perayaan Idul Adha 2018, keluarga ini memilih 5 ekor sapi limosin dan 1 ekor kambing.

"Lagi hits limosin, lebih gede dan dagingnya lebih padat," ujar Ashanty, istri Anang Hermansyah, dalam rekaman video detikcom.

Keluarga Anang Hermansyah saat itu memilih merayakan Idul Adha di Jakarta bersama keluarganya. Daging sapi limosin dan hewan kurban lain kemudian dibagikan pada warga sekitar, tetangga, dan karyawan keluarga tersebut.

Harga Sapi Limosin
Seperti yang disebutkan di atas, harga sapi limosin hampir atau bahkan menyamai harga 1 unit Toyota Innova. Seperti sapi limosin yang dijual di Mal Hewan Qurban Haji Doni di bilangan Kelapa Dua, Depok. Sapi limosin termahal di 'mal' tersebut dijual seharga Rp 300 juta.

"Kita mulai harganya dari Rp 14 jutaan ya kategori middle low kayak sapi Kupang dan Bali. Paling mahal itu sapi Wagyu harganya Rp 300 juta itu sold out, kalau Wagyu memang dia dagingnya paling enak," kata Haji Doni saat ditemui detikFinance di lapaknya, Depok, Sabtu (3/8/2019).

Selain itu Doni juga menjual beberapa sapi jenis limosin. Mulai dari sapi limosin dengan berat 1,1 ton dibanderol Rp 130 juta, berat 1,3 ton dibanderol Rp 175 juta, hingga yang terberat 1,4 ton menyentuh harga Rp 200 juta.

"Kalau limosin itu paling mahal Rp 200 juta beratnya 1,4 ton, itu sold out juga," ungkap Doni.

Kata Doni sapi jenis eksekutif ini sering dibeli oleh para pejabat, artis, dan publik figur. "Iyalah mereka kendaraan di dunianya aja Rolls Royce, Lamborghini, masa kendaraan di akherat mau sapi yang Rp 14 jutaan, malu lah," tutur Haji Doni.

Sapi limosin juga dijual oleh Sahabat Farm, disana sapi limosin dibanderol mulai harga Rp 19-70 juta dengan berat mulai 400 kg hingga 1 ton.

"Kami jual limosin juga, harga mulai Rp 19 juta paling mahal Rp 70 juta. Itu ratusan kilo, kisaran 400 kg sampai se-ton," ungkap Yanto sang pemilik.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]