Diincar Kolektor, Tanaman Rumahan Ini Bisa 'Datangkan Rezeki'?


Jumat, 31 Juli 2020 - 20:40:06 WIB
Diincar Kolektor, Tanaman Rumahan Ini Bisa 'Datangkan Rezeki'? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Aglaonema seakan menjadi 'primadona' bagi para kolektor dan pehobi budidaya tanaman hias saat ini karena keindahannya. Tren itu dilatarbelakangi manfaat, daya beli hingga rahasia keindahan Aglaonema yang dimiliki tanaman tropis ini. 

Mengutip Planet House Plants, Aglaonema berasal dan tumbuh liar di hutan hujan Asia Tenggara, yang banyak ditemukan di Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Nama Aglaonema diambil dari Bahasa Yunani Kuno yang berarti 'tanaman mengilap'.

Tanaman Aglaonema di Indonesia kerap disebut sebagai 'Sri Rejeki'. Sesuai dengan artinya, tanaman ini dipercaya mampu memberikan energi positif untuk mendatangkan rezeki.

Mengutip buku Tanaman Hias Lanskap dari Garsinia Lestari dan Ira Puspa Kencana, daun Aglaonema sebenarnya cukup tahan lama dan tak mudah rontok. Bentuk daunnya seperti mata tombak sepanjang 20 cm dan memiliki warna yang beragam. Tanaman indah ini tidak berbatang dan yang tua berbatang pendek hasil dari pangkal daun yang gugur.

Tanaman daun ini memiliki berbagai rahasia keindahan dengan aneka warna sehingga cocok jadi koleksi.

Rahasia Manfaat 'Tersembunyi' Menanam Aglaonema
Aglaonema atau Chinese Evergreen memang kerap dijadikan pemanis dalam ruangan, sebab ia bukanlah tanaman hias 'manja' yang memerlukan perawatan super ribet.

Aglaonema sangat betah hidup di negara tropis, oleh sebab itu ia tak perlu terlalu banyak disiram air, ataupun membutuhkan asupan sinar matahari ekstra.

Melansir dari Nursey Nature, berikut ini adalah manfaat dari tanaman Aglaonema, yang dapat Anda pertimbangkan untuk mematangkan niat mengadopsi tanaman hias apik yang satu ini.  

1. Membersihkan udara dan menghilangkan polusi jahat
Aglaonema yang tumbuh di dalam ruangan disebut dapat menghilangkan tingkat polusi. Menariknya, akar tanaman lah yang menghilangkan polusi udara pada konsentrasi yang lebih tinggi.

Bahkan NASA telah menetapkan tanaman ini sebagai flora yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara.

2. Meningkatkan kelembapan udara
Selain membersihkan udara, menambahkan tanaman hias ke dekorasi dalam ruangan kami meningkatkan kelembapan ruangan, mengurangi kemungkinan penyakit pernapasan.

3. Meningkatkan konsentrasi
Karbondioksida atau CO2 yang berlebih dalam ruangan dapat membuat seseorang mudah merasa letih, dan dapat menghambat produktivitas pekerjaan.

Sementara itu, Aglaonema memiliki kemampuan untuk menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen atau O2 yang dibutuhkan tubuh, untuk kembali prima dan tidak mudah mengantuk.

4. Menjadi media untuk menenangkan pikiran
Saat Anda sedang banyak pikiran dan mengalami letih pikir dan kecemasan, maka tanaman hias yang satu ini dapat berfungsi sebagai pijat refleksi mata dan otak.

Pasalnya sebagian orang banyak menghabiskan 90 persen dari hari mereka di dalam ruangan, dan jauh dari dunia alami yang 'segar'. Tanaman hijau yang memberikan kesan adem itu dapat membuat pikiran yang tadinya panas, dapat perlahan-lahan menjadi dingin dan tenang.

Selain itu, penelitian telah membuktikan bahwa manusia cukup butuh waktu selama lima menit sehari, yang dapat dihabiskan untuk merawat tanaman, guna mengurangi tingkat stres.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]