Ini Daftar Daerah di Sumbar yang Masuk Zona Hijau, Kuning dan Orange Covid-19


Jumat, 31 Juli 2020 - 22:08:13 WIB
Ini Daftar Daerah di Sumbar yang Masuk Zona Hijau, Kuning dan Orange Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sejak mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) Maret 2020 lalu, berbagai upaya pengendalian telah dilakukan oleh pemerintah provinsi, mulai dari penyediaan rumah sakit penanganan virus corona, tempat isolasi, fasilitas protokol kesehatan dan sosialiasi kepada masyarakat secara masif.

Berbagai upaya pendisiplinan telah dilakukan, sehingga beberapa daerah di Sumbar telah mampu mengendalikan penyebaran virus corona. Hingga hari ini, Jumat (31/7/2020), terdapat empat daerah yang masuk kategori zona hijau atau daerah yang seluruh pasiennya dinyatakan sembuh.

"Keempat daerah yang masuk ke zona hijau diantaranya, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Solok Selatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal.

Lanjut Jasman, sedangkan daerah di Sumbar yang kategori zona kuning sebanyak 12 daerah. Zona kuning merupakan daerah yang memiliki kasus penularan lokal, namun tanpa adanya penularan kelompok atau komunitas.

Sebanyak 12 daerah tersebut diantaranya, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Sedangkan tiga daerah lain masuk ke dalam zona orange, yaitu, status yang diberikan pada kota atau wilayah yang berdekatan dengan zona merah Covid-19, di mana penyebaran wilayahnya relatif parah. Masyarakat di zona orange diwajibkan untuk melakukan perlindungan diri, termasuk memakai masker.

"Tiga daerah tersebut yakni, Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kota Padang," tambahnya.

Selain itu, kasus Positivity Rate (PR) di Sumbar sekitar 1,50 persen. Hal tersebut menerangkan bahwa sampai hari ini kasus positif Covid-19 di Sumbar masih terendah dan terbaik secara nasional. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]