Bikin Bangga, Anak ASN di Agam Ciptakan Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh


Jumat, 31 Juli 2020 - 22:40:50 WIB
Bikin Bangga, Anak ASN di Agam Ciptakan Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Dewita Rahmadani dan alat karyanya.

HARIANHALUAN.COM - Salah seorang mahasiswi yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro yang mengabdi di Nagari Lubuk Basung membuat tempat cuci tangan inovatif tanpa disentuh tangan.

Tempat cuci tangan tersebut merupakan karya anak nagari Lubuk Basung bernama Dewita Rahmadani, anak dari salah seorang ASN di lingkungan Pemkab Agam. Gadis kelahiran 1999 itu menyebutkan, ide kreatif itu diciptakannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui tangan.

Pasalnya, menurut Dewita, penyebaran virus corona yang rentan bersumber dari sentuhan tangan. “Sebaik mungkin tempat cuci tangan kita bikin lebih simpel lagi, yaitu melalui injak kaki, injak sedikit, air keluar. Cara yang sama saat menekan sabun cair, tinggal diinjak, sabun keluar,” terangnya, Kamis (30/7/2020).

Dewita menambahkan, peralatan yang digunakan berasal dari barang yang tidak terlalu sulit didapatkan. Menggunakan barang bekas, berupa ember yang tidak dipakai, saluran pipa plastik dan tali plastik ataupun besi yang sudah dilas.

“Alhamdulillah, kemarin sudah kita bagikan di TK Negeri Melati PKK. Rencananya beberapa sekolah lainnya juga bakal dibagikan di Lubuk Basung,” terang mahasiswi jurusan Teknik Industri ini.

Ia berharap tempat cuci tangan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi anak-anak dan guru serta orang tua agar selalu ingat untuk mencuci tangan. Selain itu, kelompok KKN itu juga mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam membiasakan tata kehidupan baru atau new normal, seperti sosialisasi pakai masker dan jaga jarak serta rajin berolahraga.

Dipenghujung masa KKN-nya, mereka sedang membuat modul strategi marketing UMKM bagi pelaku usaha di Lubuk Basung. “Kita ingin pelaku UMKM tetap eksis dalam menjual produknya, meskipun di tengah pandemi,” harapnya.

Secara terpisah, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Vita Indra Catri, memberi apresiasi khusus dan mengucapkan terima kasih atas kreativitas dan inovasi yang dilakukan Dewita. “Kita bangga sekali memiliki anak seperti Dewita yang peduli terhadap dunia pendidikan. Anak Buk Des tentu anak kita juga di organisasi PKK,” ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 19:37:33 WIB

    Ini Penyebab Ada Orang Nekat Bikin Konten 'Sampah' di Youtube

    Ini Penyebab Ada Orang Nekat Bikin Konten 'Sampah' di Youtube HARIANHALUAN.COM - Mengunggah video ke YouTube memang bisa mendatangkan cuan, syarat utamanya tentu adalah viewers yang banyak. Maka tak heran, ada saja yang sengaja buat video 'sampah' demi menarik banyak viewers..
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 08:22:04 WIB

    Pelindung Ini Disebut Bikin Layar HP Tahan Jatuh 2 Meter

    Pelindung Ini Disebut Bikin Layar HP Tahan Jatuh 2 Meter HARIANHALUAN.COM - Perusahaan pembuat pelindung layar kaca Corning meluncurkan generasi terbaru Gorilla Glass Victus yang disebut bisa tahan jatuh dari ketinggian 2 meter..
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 16:42:50 WIB

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik HARIANHALUAN.COM - WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang bisa diunduh di Android dan iOS. WhatsApp menyediakan berbagai macam fitur, termasuk fitur Status yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto atau teks..
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 22:04:21 WIB

    Bikin Geger! Muncul Aplikasi 'Malaikat' Raqib Atid Pencatat Dosa dan Pahala

    Bikin Geger! Muncul Aplikasi 'Malaikat' Raqib Atid Pencatat Dosa dan Pahala JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Belakangan ini pembicaraan warganet diramaikan dengan kehadiran aplikasi Raqib Atid yang memiliki fitur mencatat dosa dan pahala, seperti dua sifat yang dimiliki oleh malaikat pencatat amal perbua.
  • Jumat, 24 April 2020 - 12:43:07 WIB

    Bukan CCTV Biasa! Pakai Ini Bisa Bikin Maling Ogah Masuk Rumah

    Bukan CCTV Biasa! Pakai Ini Bisa Bikin Maling Ogah Masuk Rumah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa narapidana asimilasi baru saja dibebaskan kembali oleh pemerintah, banyak laporan para napi ini kembali berulah. Ditambah lagi, kondisi krisis karena pandemi Corona membuat tingkat keja.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]