WHO: Dampak Pandemi Covid-19 Bakal Terjadi Selama Beberapa Dekade


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:15:41 WIB
WHO: Dampak Pandemi Covid-19 Bakal Terjadi Selama Beberapa Dekade Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ist

HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 sudah merubah pola kehidupan manusia. Walhasil membuat semua aktivitas serba keterbatasan. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim bahwa dampak pandemi akan terasa selama beberapa dekade mendatang.
 
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, wabah global virus corona baru adalah jenis bencana yang pengaruhnya akan berlangsung jauh di masa depan.

"Pandemi adalah krisis kesehatan sekali dalam seabad, yang dampaknya akan terasa selama beberapa dekade mendatang," kata Tedros dalam pertemuan Komite Darurat WHO seperti dikutip Reuters melalui Kontan.co.id, Sabtu (1/8/2020).

Pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 670.000 orang sejak bermunculan di Kota Wuhan, China, dengan lebih dari 17 juta kasus terkonfirmasi di seluruh dunia.

Amerika Serikat, Brasil, Meksiko dan Inggris sangat terpukul dalam beberapa minggu terakhir oleh penyakit Covid-19. Negara-negara itu telah berjuang untuk menghasilkan respons yang efektif terhadap pandemi virus corona.

Ekonomi telah dihantam oleh pembatasan dan penguncian untuk membatasi penyebaran virus corona. Sementara banyak negara yang khawatir akan gelombang kedua infeksi mematikan tersebut.

Saat ini, lebih dari sekitar 150 perusahaan farmasi sedang mengerjakan vaksin virus corona, meski penggunaan pertamanya tidak dapat diharapkan sampai awal 2021, WHO mengatakan pekan lalu.

Walaupun pengetahuan tentang virus corona baru telah berkembang, Tedros menyebutkan, banyak pertanyaan tetap tidak terjawab dan populasi di dunia tetap rentan.

"Hasil awal dari penelitian serologi (antibodi) menunjukkan gambaran yang konsisten: sebagian besar orang di dunia tetap rentan terhadap virus ini, bahkan di daerah yang telah mengalami wabah parah," sebutnya.

"Banyak negara yang percaya mereka telah melewati yang terburuk, sekarang bergulat dengan wabah baru. Beberapa yang kurang terpengaruh dalam minggu-minggu awal sekarang melihat meningkatnya jumlah kasus dan kematian," ujar Tedros. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:41:22 WIB

    WHO: Orang Usia Muda Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19

    WHO: Orang Usia Muda Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa orang usia muda paling rentan terpapar virus Corona atau Covid-19. Pasalnya, usia muda penyumbang tertinggi kasus positif virus mematikan tersebut di sej.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 12:26:38 WIB

    WHO: Virus Covid-19 Mirip dengan Virus Flu

    WHO: Virus Covid-19 Mirip dengan Virus Flu HARIANHALUAN.COM - Dear masyarakat, tetap jaga kesehatan ya dan terus ikuti standar protokol kesehatan jika ingin keluar rumah. Lantaran, virus Corona atau Covid-19 terus meluas. Selain itu, virus mematikan ini juga memiliki .
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 18:12:48 WIB

    WHO: Pandemi Belum Berakhir karena Kasus Harian Capai Rekor Tertinggi

    WHO: Pandemi Belum Berakhir karena Kasus Harian Capai Rekor Tertinggi HARIANHALUAN.COM - Kasus-kasus COVID-19 baru mengalami peningkatan harian terbesarnya ketika pandemi corona memburuk secara global dan belum mencapai puncaknya di Amerika tengah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pa.
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 10:41:26 WIB

    WHO: Pandemi Covid-19 Memburuk, Bukan Saatnya Bersantai

    WHO: Pandemi Covid-19 Memburuk, Bukan Saatnya Bersantai HARIANHALUAN.COM - Lebih dari tujuh juta kasus positif virus corona telah terkonfirmasi dan 404.000 orang meninggal dunia sejak pandemi Covid-19 dimulai. Namun, meski terdapat kemajuan dalam memerangi virus tersebut di Eropa,.
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 16:24:53 WIB

    Panduan Terbaru Covid-19, WHO: Masyarakat Wajib Gunakan Masker Kain 3 Lapis

    Panduan Terbaru Covid-19, WHO: Masyarakat Wajib Gunakan Masker Kain 3 Lapis HARIANHALUAN.COM -- World Health Organization (WHO) memperbarui beberapa panduan terkait pencegahan Covid-19..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]