Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar Agar Awet dan Nutrisi Terjaga


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:53:18 WIB
Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar Agar Awet dan Nutrisi Terjaga Ilustrasi daging

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Idul Adha adalah momen pemotongan daging qurban. Makanya tak ayal, membuat banyak orang menerima daging, baik potongan daging sapi maupun kambing. Bahkan ada yang menerima banyak daging kurban, sehingga memerlukan penyimpanan dalam waktu lama. 

Nah, bagaimana cara menyimpan daging yang benar?Penyimpanan daging dengan benar diharapkan bisa membuat nutrisi yang terkandung di dalam bisa tetap terjaga. Dengan begitu, kamu bisa menikmati di saat waktu yang tepat.

Simpan Daging di Plastik Tertutup

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo kepada detikFood beberapa waktu lalu, cara menyimpan daging yang benar adalah memasukkannya ke dalam freezer. Namun, jangan asal memasukkan karena sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup.

"Kalau menyimpan daging kurban, cara terbaiknya dimasukin ke dalam freezer ya. Kalau di freezer bisa tahan lama. Tapi daging harus dibungkus dulu dengan plastik, agar kualitas daging tidak terkontaminasi dengan makanan lain yang ada di kulkas," jelasnya.

Selain plastik, kamu juga bisa menggunakan wadah kedap udara. Dengan begitu, aroma daging tidak akan memenuhi kulkas dan makanan lain di dalam freezer.

Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus

Pertama-tama, potong daging menjadi beberapa bagian. Kemudian, rebus daging dengan air yang telah ditambahi sedikit garam hingga mendidih. Sebaiknya kurang dari 30 menit sehingga tekstur daging tidak keras.

Selanjutnya, tiriskan daging dan diamkan hingga dingin. Lalu, masukkan daging ke dalam wadah tertutup dan letakkan ke lemari es pada bagian dua atau tiga. Batas waktu penyimpanan di lemari es yakni 3-4 hari.

Sementara itu, cara menyimpan daging yang sudah dicuci bisa menyebabkan daging lebih cepat busuk. Pasalnya, mencuci daging hanya akan membuat daging cepat terkontaminasi dengan bakteri dan membuat teksturnya rusak.

Cara Menyimpan Daging Sapi Tanpa Kulkas

Selain menggunakan lemari es atau freezer, daging juga bisa disimpan tanpa menggunakan kulkas. Caranya dengan mengeringkan daging atau menjemurnya.

Pertama-tama, iris daging tipis-tipis, kemudian baluri daging dengan larutan garam. Selanjutnya letakkan daging di bawah sinar matahari hingga mengering. Daging pun siap disimpan hingga satu bulan ke depan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba dengan cara menaburi daging dengan garam dapur. Sebab, garam diketahui mengandung mineral yang tinggi sehingga bisa membuat daging lebih awet.

Pertama-tama, potong daging menjadi beberapa bagian. Kemudian taburi garam pada sisi-sisi daging. Setelah selesai masukkan ke dalam wadah bersih dan tertutup.

Batas Waktu Penyimpanan Daging dalam Freezer

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture dan Food and Drug Administration, potongan daging mentah bisa disimpan 3-5 hari di lemari Es. Bila ingin lebih lama lagi, daging bisa diletakkan di dalam freezer sehingga mampu bertahan hingga 6-12 bulan di Freezer.

Sedangkan, daging kambing mentah hanya bisa tahan 3-5 hari di lemari es. Namun, bisa bertahan hingga 6-9 bulan bila di dalam freezer.

Selamat mencoba cara menyimpan daging yang benar ya!

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 08:50:38 WIB

    Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Corona, Begini Kiatnya

    Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Corona, Begini Kiatnya Setiap lebaran, pengeluaran masyarakat Indonesia umumnya akan membengkak. Entah untuk beli baju baru, kue kering, hingga Tunjangan Hari Raya (THR) bagi saudara dan 'mbak' di rumah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]