Ada Serum Anti Covid-19 dari Antibodi Kuda, Seberapa Amankah?


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:48:50 WIB
Ada Serum Anti Covid-19 dari Antibodi Kuda, Seberapa Amankah? Foto: REUTERS/Juan Medina

HARIANHALUAN.COM - Argentina tengah mempersiapkan uji klinis serum pasien positif Covid-19 dari antibodi kuda ntuk digunakan sebagai obat alternatif selain Avigan bagi perawatan pasien yang terinfeksi virus corona jenis baru ini.

Serum dibuat perusahaan bioteknologi Inmunova. Ini didapat melalui disuntikannya protein SARS-CoV-2 ke kuda yang menyebabkan didapatkannya antibodi penawar dalam jumlah besar.

Dari situ, ada plasma yang kemudian diekstraksi dari kuda. Lalu dimurnikan dan diproses.

Ditulis CNA melalui CNBC Indonesia, Sabtu (1/8/2020), uji laboratorium mengarah ke hasil positif. Namun uji klinis masih berlanjut dengan mempelajari efektivitas serum pada 242 orang pasien Covid-19 dengan kondisi sedang hingga parah.

"Jika kita dapat menurunkan replikasi virus pada hari-hari pertama (penyakit menyerang pasien) , kita tidak hanya akan menurunkan muatan penyakit dan rujukan pasien tetapi bisa melakukan penetralan yang memungkinkan pasien untuk mengembangkan kekebalan mereka sendiri," kata Direktur Ilmiah Inmunova Fernando Goldbaum.

Dalam sebuah panggilan video, Goldbaum mengatakan uji coba telah dimulai pada hari Senin. Hasil pertama diharapkan terlihat Oktober dan November.

Sebelumnya, Argentina mengumukan hampir 175.000 kasus Covid-19 terkonfirmasi. Pemerintah mencatat ada 3.200 kematian. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 23:20:30 WIB

    Waspada! Ada Jejak Covid-19 di Makanan Beku

    Waspada! Ada Jejak Covid-19 di Makanan Beku HARIANHALUAN.COM - Pejabat kesehatan Selandia Baru menemukan jejak virus corona Covid-19 pada barang-barang impor yang beku. Pejabat China juga menemukan jejak virus corona Covid-19 pada makanan beku atau frozen food..
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 11:00:54 WIB

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas HARIANHALUAN.COM - Kegemukan atau obesitas telah diketahui menjadi salah satu faktor risiko dalam infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. Peneliti menilai kelebihan lemak pada orang obesitas juga dapat membuat vaksin Cov.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:29:10 WIB

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa d.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:17:42 WIB

    Wah, Pilek Ternyata juga Bisa Terjadi pada Alat Kelamin

    Wah, Pilek Ternyata juga Bisa Terjadi pada Alat Kelamin HARIANHALUAN.COM - Pilek tak hanya terjadi pada hidung, melainkan juga bisa menyerang alat kelamin. Pilek pada alat kelamin dikenal juga dengan istilah medis gonore..
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 23:26:46 WIB

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia HARIANHALUAN.COM - Hati-hati untuk usia 60 tahun ke atas, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat bahwa fatalitas tertinggi terjadi pada pasien virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) yang berumur lanjut usia (lansia). Selain itu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]