Biar Daging Kurban Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Memasaknya


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:56:34 WIB
Biar Daging Kurban Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Memasaknya Ilustrasi daging merah. Foto: Pixabay/joon2079

HARIANHALUAN.COM – Hari Raya Idul Adha tiba, umat Muslim diseluruh penjuru dunia menyambutnya dengan suka cita. Tak lupa dengan hidangan serba daging. Nah, agar kamu tidak sehat setelah menyantap daging, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat mengolahnya menjadi makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan. Bagaimana caranya?.

Dalam program Hidup Sehat Plus tvOne dikutip dari Viva.co.id, Sabtu (1/8/2020), Spesialis Gizi Klinis, dr. Putri Sakti M.Gizi, Sp.GK menjelaskan, ada baiknya jangan diolah dengan proses digoreng. Sebab, kata dia, ketika daging diolah dengan cara digoreng dapat meningkatkan konsumsi lemak jenuh.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa mengolah daging dengan cara digoreng dapat menurunkan kadar vitamin dan mineral yang ada pada daging.

"Pilihan yang baik dipanggang atau dibakar. Perhatikan agar pengolahannya baik untuk kesehatan," kata dia. 

Untuk proses pemanggangan, Chef Lintang yang juga hadir dalam program ini menjelaskan bahwa proses pemanggangan adalah proses pemasakan daging tanpa terkena panas secara langsung. 

"Yang baik dan sehat itu menggunakan grill yang besih dan higienis tanpa adanya karat," jelas dia.

Selain itu, untuk menghasilkan daging yang baik juga harus memperhatikan tingkat kematangan daging. Kata dia tingkat kematangan yang baik itu pada tingkat medium atau medium well.

"Orang suka salah bilang kalau medium atau medium well itu daging tidak matang. Padahal medium dan medium well itu diolah di suhu 145 derajat F, yang mana pada suhu itu bakteri dan kuman sudah mati," jelas dia. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:31:23 WIB

    Takut Kesulitan Bernapas Karena Bermasker, Ini Caranya Biar Nyaman

    Takut Kesulitan Bernapas Karena Bermasker, Ini Caranya Biar Nyaman HARIANHALUAN.COM - Kini semua orang diwajibkan memakai masker ketika berpergian keluar rumah untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19. Hal ini menjadikan masker sebagai kebutuhan utama setiap orang. Tapi, beberapa ora.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]