Pecah Telur, Vietnam Catat Kematian Pertama Akibat Covid-19


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:20:07 WIB
Pecah Telur, Vietnam Catat Kematian Pertama Akibat Covid-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setelah beberapa waktu menjadi salah satu negara dengan nol kematian, Vietnam akhirnya mencatatkan angka kematian pertama akibat virus corona (Covid-19). 

Dilansir BBC, Sabtu (1/8/2020), seorang pria berusia 70 tahun yang berasal dari pusat Kota Hoi An menjadi angka pertama kasus kematian akibat Covid-19, kata sejumlah media pemerintahan akhir pekan ini.

Sementara angka kematian kedua, berasal dari seorang pria berusia 61 tahun, yang dilaporkan pada hari ini.

Vietnam sendiri tidak pernah mencatatkan adanya kasus baru selama lebih dari 3 bulan, sebelum wabah penyakit tersebut dilaporkan berada di sebuah resort terdekat Da Nang pada awal pekan ini.

Adapun kedua pasien yang meninggal memilik riwayat kesehatan yang dimilikinya, menurut sejumlah media Vietnam.

Negara yang memiliki populasi sekitar 95 juta orang itu telah melaporkan hanya 546 kasus positif sejak pandemi dimulai. Namun tidak seperti negara lain, Vietnam memang bertindak dengan cepat.

Negara tersebut langsung menutup wilayah perbatasannya kepada hampir semua wisatawan, bahkan sebelum kasus pertama terkonfirmasi. Siapapun yang memasuki Vietnam harus menjalani karantina di fasilitas pemerintah selama 14 hari.

Pendekatan yang dilakukan Vietnam dianggap efektif, karena tanpa adanya temuan kasus yang disebabkan transmisi lokal baru, yang dilaporkan sejak pertengahan April lalu. Vietnam bahkan mendapatkan pujian atas upaya tepat waktu untuk menahan penyebaran virus.

Namun, awal minggu ini Vietnam mendapatkan temuan kasus baru di sebuah resor di Da Nang. Puluhan ribu wisatawan dari berbagai penjuru negara berada di kota tersebut pada saat itu, di mana mayoritasnya percaya ancaman corona telah berlalu.

Pemerintah awalnya menutup kota untuk wisatawan, sebelum melakukan penutupan total di wilayah tersebut pada Rabu lalu.

Awal pekan ini, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc memperingatkan agar setiap provinsi di negara tersebut bersiap setelah wabah yang muncul di Da Nang.

"Kami harus bertindak lebih cepat dan lebih keras untuk mengendalikan wabah," katanya, seperti dikutip media pemerintah. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 10:47:34 WIB

    Petisi Perjuangan Kembalikan Palestina ke Maps Pecah!

    Petisi Perjuangan Kembalikan Palestina ke Maps Pecah! HARIANHALUAN.COM - Hilangnya Palestina dari aplikasi peta digital Google Maps dan Apple Maps terus menuai protes dari seluruh dunia. Kali ini dunia membuat petisi online agar Google dan Maps dikembalikan ke maps. .
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 11:19:46 WIB

    Perang Pecah! Puluhan Rudal dan Roket Iran Berondong Pangkalan Militer AS

    Perang Pecah! Puluhan Rudal dan Roket  Iran Berondong Pangkalan Militer AS TEHERAN,HARIANHALUAN.COM- Iran menembakkan puluhan roket dan rudal  ke pangkalan udara gabungan AS-Irak.Roket  dan rudal ditembakkan Rabu pagi (8/1/2020)..
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 11:46:53 WIB

    Korut: Perang Habis-habisan dengan AS Bisa Pecah Kapan Saja

    Korut: Perang Habis-habisan dengan AS Bisa Pecah Kapan Saja PYONGYANG, HARIANHALUAN.COM - Rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara (Korut) mengatakan bahwa konflik bersenjata habis-habisan dengan Amerika Serikat (AS) bisa meletus kapan saja, bahkan secara tidak sengaja..
  • Jumat, 30 November 2018 - 19:14:18 WIB

    Kaca Mobil Dipecah, Uang Rp40 Juta Raib di Danau Kembar

    Kaca Mobil Dipecah, Uang Rp40 Juta Raib di Danau Kembar AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Busran (38) warga Jorong Usak, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan.Lembah Gumanti, Kabupaten Solok menjadi korban pencurian. Ia kehilangan uang Rp40 juta yang tersimpan di mobilnya..
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 19:04:21 WIB

    Kaca Mobil Yeni Dipecah, Uang Rp 182 Juta Hilang

    Kaca Mobil Yeni Dipecah, Uang Rp 182 Juta Hilang AGAM, HALUAN- Pencuri berhasil menggondol uang tunai senilai Rp182 juta dari dalam Mobil Yaris polisi BA 1260 PM milik seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Agam, di perumnas Talago Jalan Kemuning II No 98 Kenagarian Lubuk Bas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]