Pembina dan Santri Positif Covid-19, Ponpes Parabek Lakukan Swab Test Sebanyak 101 Spesimen


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:43:46 WIB
Pembina dan Santri Positif Covid-19, Ponpes Parabek Lakukan Swab Test Sebanyak 101 Spesimen Ponpes Parabek

HARIANHALUAN.COM - Seorang pembina asrama inisial RM, laki-laki (33) dan satu santri inisial HD (15) laki-laki, di Pondok Pesantren Parabek, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya diketahui terkonfirmasi Covid-19 setelah dilakukan swab tes terhadap 101 spesimen warga pondok pesantren, yang terdiri dari 63 santri dan 38 pembina asrama.

“Iya ada dua orang dari Ponpes Parabek, satu pembina dan satu santri. Saat ini kami sedang menuju lokasi guna pendataan lebih lanjut,” ujar Camat Banuhampu, Afdal, Jumat (31/7/2020) kemaren..

Informasi sementara, sambung Afdal, kemarin RM sudah kembali ke Jati Kota Padang, sementara HD saat ini sudah dikarantina. “RM tinggal di Jati dan sudah kembali ke Padang. Karena RM sudah di Padang, kita berharap tidak terjadi penyebaran di Ponpes,” tuturnya.

Selain itu, Ketua Satgas Covid-19 Ponpes Parabek, Taufik Hidayat membenarkan adanya dua warga Ponpes Parabek yang tekonfirmasi Covid-19. Untuk antisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya tengah melakukan swab tes terhadap santri dan pembina asrama. “Ada 101 spesimen yang dites swab, yang terdiri dari 63 santri dan sisanya pembina. Tadi malam, kami dapat kabar, dari 101 spesimen, sebanyak 10 spesimen masih diragukan. Baru tadi pagi dapat kabar langsung dari dr Andani, dari 10, dua orang dinyatakan positif dan delapan lainnya negatif,” jelasnya.

RM sendiri merupakan warga Kota Padang, dan HD merupakan warga Solok, keduanya sudah dilakukan karantina secara mandiri. “Pagi kita langsung kontak RM untuk melakukan isolasi, sedangkan HD saat ini, setelah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Agam, dilakukan karantina mandiri di ponpes,” tuturnya lagi.

Lanjut dia saat ini pihaknya bersama tim Pukesmas Padang Lua tengah melakukan tracking lanjutan, sebelumnya Ponpes Parabek telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terhadap santri dan pembina asrama. “Saat ini santri laki-laki di asrama hanya 25 orang, sebelumnya kepada mereka sudah diterapkan protokol kesehatan seperti satu kamar satu orang, wajib pakai masker, dilarang berkumpul sampai diketahui hasil pemeriksaan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Agam, Tri Pipo, juga membenarkan informasi dua warga Ponspes Parabek yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Iya benar, Ponpes Parabek karena akan memulai pembelajaran, atas permintaan sendiri untuk dilakukan swab. Pelaksana swab dibantu oleh Puskesmas Padang Lua,” katanya.

Saat ini tengah dilakukan tracking lanjutan terkait dua warga Ponpes Parabek yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut. “Sedang dilacak Puskesmas Padang Lua,” tutupnya. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center (AMC) /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:53:59 WIB

    KODIM 0307 Tanah Datar Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme

    KODIM 0307 Tanah Datar Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer 0307 Tanah Datar menggelar Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme TW III 2020, Kamis (6/8) di Makodim..
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 13:29:48 WIB

    Kwarcab Pramuka Sawahlunto Bantu Anggota dan Pembina Terdampak Corona

    Kwarcab Pramuka Sawahlunto Bantu Anggota dan Pembina Terdampak Corona Sebanyak 200 paket bantuan ditebar oleh satuan tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kota Sawahlunto untuk dibagikan kepada anggota aktif yang berasal dari keluarga kurang mampu. Paket bantuan.
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 15:54:09 WIB

    Anggota Linmas Saringan Sawahlunto Peroleh Pembinaan 

    Anggota Linmas Saringan Sawahlunto Peroleh Pembinaan  SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Menjaga mental dan fisik dalam perannya sebagai ujung tombak pengamanannya dilingkungannya, Anggota Perlindungan masyarakat (Linmas) Kelurahan Saringan mendapat pembinaan dari pihak Kecamatan dan.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:42:17 WIB

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam waktu dekatakan me­lakukan penjaringan dan pem­binaan kesehatan anak usia sekolah. Untuk itu, Selasa, (26/7), 20 orang tenaga Promkes dari 7 puskesmas di Kota Paria­.
  • Jumat, 12 Februari 2016 - 03:27:42 WIB

    TK Pembina Butuh Kendaraan Dinas

    SOLOK, HALUAN — Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina Kota Solok sampai saat ini ternyata masih menggunakan angkutan kota (angkot) untuk mengantar jemput murid-muridnya ke sekolah, kendati TK Pembina itu sudah hampir 20 tahun berd.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]