Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:51:05 WIB
Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua mengenai jenis kelamin anak yang sedang dikandung olleh sang ibu. salah satu cara paling umum yang dilakukan biasanya adalah melihatnnya menggunakan ultrasonografi atau USG.

Namun ternyata ada cara yang lebih mudah dan bisa diketahui sendiri mengenai jenis kelamin bayi yang dikandung. Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal pada 2003 mengatakan bahwa selera makan bisa menjadi hal yang menandakan jenis kelamin bayi yang dikandung.

Pada temuan ini, peneliti dari Harvard School of Public Health melakukan survei terhadap 244 wanita hamil di Boston’s Beth Israel Deaconess Medical Center. Peneliti menanyai para ibu ini tentang pola makan mereka selama trimester kedua kehamilan.

Hasil survei menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan anak laki-laki makan protein 8 persen lebih banyak, karbohidrat 9 persen lebih banyak, 11 persen lemak hewani lebih banyak, dan 15 persen lebih banyak minyak sayur. Walau makan lebih banyak, namun ibu yang mengandung anak laki-laki tidak mengalami pertambahan berat badan dibanding anak perempuan.

Peneliti memperkirakan penyebab mengapa hal ini terjadi. Diperkirakan bahwa testosteron yang disimpan pada testikel janin memicu munculnya rasa ingin makan yang lebih besar ketika mengandung anak laki-laki.

Walau memang cara ini bisa diterapkan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung, namun menerapkannya mungkin cukup sukar. Hingga saat ini, USG masih tetap merupakan cara yang paling akurat dan bisa diandalkan.

Biasanya, kelamin bayi mulai terbentuk pada sekitar minggu ketujuh. Walau begitu, hampir setiap bayi bakal terlihat sama hingga pekan ke-14 kehamilan.

Pindaian USG bakal benar-benar akurat untuk menebak jenis kelamin ketika dilakukan pada minggu ke-18 hingga 20. Walau begitu kadang terjadi kondisi ketika posisi alat kelamin bayi tertutup. (*)

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]