Daswippetra: Biaya Paket Internet Jadi Masalah Utama Dalam Belajar Sistem Daring


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 18:40:23 WIB
Daswippetra: Biaya Paket Internet Jadi Masalah Utama Dalam Belajar Sistem Daring Daswippetra Dt Mjj Alam

HARIANHALAUN.COM - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam meminta pada Dinas Pendidikan di daerah untuk memprogramkan pengerjakan tugas siswa menggunakan tulisan tangan atau dengan komputer. 

Pasalnya, dibandingkan dengan belajar sistem daring, mengerjakan tugas sekolah dengan tulisan tangan yang diberikan guru lebih efektif dan efisien karena tidak semua anak-anak memiliki handphone jenis android. 
Bukan hanya itu, malahan bagi mereka yang berdomisili dipedesaan bisa saja tidak ada sinyal untuk internet.

"Saya menilai, mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru pada muridnya lebih efektif dan efisien dengan tulisan tangan atau komputer dan diprint out," ujar Daswippetra Dt Mjj Alam kepada Harianhaluan.com Sabtu (1/8).

Menurut Daswippetra, belajar sistem daring juga sangat boros. Apalagi dengan kondisi perekonomian yang mulai ambruk akibat dampak covid-19. Namun bagi orangtua murid tentu harus dibiayai juga karena program pemerintah melalui Dinas Pendidikan seperti itu. 

"Pada hal jika dilakukan survey di Sumatera Barat, masih banyak orangtua siswa yang hidup dibawah garis kemiskinan. Untuk keperluan sehari-hari saja sudah susah, ditambah lagi pengeluaran membeli paket internet ya makin susah jadinya," tambahnya.

Makanya, untuk, mengurangi biaya orangtua murid, sejogyanya Dinas Pendidikan melakukan terobosan baru dimana tugas-tugas yang diberikan pada siswa dikerjakan dengan tulisan tangan ataupun komputer. 

Melalui program tersebut, pemerintah secara tidak langsung juga ikut meringankan beban biaya orangtua murid. "Bagi orangtua yang punya ekonomi mapan tentu tidak ada persoalan, tapi jika yang hidupnya pas-pasan apalagi jika berada dipedesaan yang tidak terjangkau sinyal internet tentu sangat repot sekali," paparnya. (*)

 

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]