Angka Positif Naik, Gubernur Sumbar Libatkan Polisi untuk Ajak Warga Tes Swab


Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:09:51 WIB
Angka Positif Naik, Gubernur Sumbar Libatkan Polisi untuk Ajak Warga Tes Swab Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

HARIANHALUAN.COM - Tingginya penyebaran Covid-19 pada Jumat kemarin membuat Pemprov Sumbar harus memberlakukan aturan keras untuk warga, terutama dalam melakukan tes swab. Salah satunya yakni dengan melibatkan personel kepolisian. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melihat hal tersebut perlu dilakukan dengan cepat. 

“Tidak semua warga mau melakukan test swab. Jadi, kita lakukan pendekatan dulu, mediasi, sosialisasi. Jika masih tidak bisa, kita bawa polisi kesana untuk mengajaknya," kata Irwan kepada sejumlah wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Testing tersebut, kata Irwan, adalah salah satu cara agar daerahnya tetap berada pada zona hijau penyebaran Covid-19. Selain tes swab, pihaknya juga melakukan penelusuran kontak atau tracing dan isolasi. Mengenai pelibatan aparat kepolisian, mereka akan membawa warga yang enggan mengikuti swab ke lokasi tes, berguna agar penyebaran virus corona bisa ditekan.

“Itu yang akan kita lakukan, daripada mereka tak mau melakukan tes, kemudian menyebarkan virusnya kepada yang lain. Sudah tentu, angka penyebaran virus ini terus bertambah," paparnya.

Irwan menambahkan, saat ini Sumbar merupakan salah satu provinsi yang masif melakukan tes terkait Covid-19 kepada warganya. Dia mengatakan, jumlah tes yang dilakukan sudah di atas ambang batas yang disarankan WHO. “Testing rate kita melebihi dari WHO, kalau WHO cuman 5 ribu per satu juta, kalau kita lebih 10 ribu,” ujarnya.

Demi menjaga daerahnya tetap berada di zona hijau, kata Irwan, pihaknya juga menjaga perbatasan daerah, baik di darat maupun udara. Di bandara, setiap pendatang harus mengikuti swab test. “Untuk di udara ini setiap yang masuk kita swab gratis di airport, meskipun demikian masih ada satu atau dua orang yang tidak mau,” tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]