Fitur Baru WhatsApp Makin Keren, Cek Kuy!


Ahad, 02 Agustus 2020 - 08:42:19 WIB
Fitur Baru WhatsApp Makin Keren, Cek Kuy! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Lagi, WhatsApp bakal menambah kemampuan di aplikasinya. Layanan pesan milik Facebook ini dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru yang mampu menghapus pesan otomatis.

Fitur tersebut diberi nama Expiring Messages atau pesan kadaluwarsa. Kehadiran fitur ini diketahui WABetaInfo dari WhatsApp beta di Android versi 2.20.197.4.

Ketika fitur Expiring Messages diaktifkan akan menghapus pesan obrolan setelah tujuh hari, baik di aplikasi si pengirim maupun penerima. Selain itu pada bagian profil akan terlihat indikator kecil penghitung waktu sebagai penanda pengguna tersebut mengaktifkan fitur Expiring Messages.


Lantas apa perbedaan Expiring Messages dengan opsi Delete For Everyone yang ada sekarang? Opsi baru ini tidak akan meninggalkan jejak.

Seperti kita ketahui, saat ini ketika pengguna menghapus pesan akan terlihat 'Pesan ini telah dihapus' oleh penerima. Terkadang pesan terhapus tersebut dapat dilihat penerima di notifikasi.

Sementara Expiring Messages tidak menampilkan jejak tadi, baik di pengirim atau penerima, setelah pesan dihapus. Fitur ini juga dapat diaktifkan di grup, namun hanya dapat diakses oleh admin.

Sang Admin dapat mengatur lamanya menyimpan pesan, mulai dari satu jam, sehari, atau seminggu. Dia juga akan dapat mengakses siapa yang mengirim pesan kedaluwarsa di grup.

Belum ada informasi kapan fitur Expiring Messages akan resmi hadir. Saat ini WhatsApp masih melakukan uji beta, artinya tidak lama lagi pengguna bisa menggunakan fitur baru ini. Kita tunggu saja.

Dalam obrolan grup WhatsApp pengguna tidak bisa membisukan notifikasi secara permanen. Pengguna pun hanya diberikan pilihan untuk membungkam notifikasi chat tersebut hanya selama delapan jam, seminggu dan paling lama setahun.

Nah, berita baiknya, ada laporan terbaru dari WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur baru dari WhatsApp, yang menemukan bukti bahwa WhatsApp sedang melakukan pengujian pada kemampuan untuk membisukan kontak dan grup secara permanen.

Jika dilihat dari gambar screenshot, nantinya ada pilihan 'Always' (selalu) untuk menggantikan pilihan 'Satu tahun' untuk mematikan notifikasi chat dari obrolan grup.

Artinya, jika pengguna memilih opsi 'Always' maka selamanya pengguna tidak akan lagi menerima notifikasi-notifikasi chat dari grup yang mungkin tidak diinginkan. Langkah ini tampaknya lebih sopan daripada harus meninggalkan grup.

Tetapi sayangnya, seperti dilansir detikINET dari Android Authority, belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk pengguna. Bahkan WhatsApp dalam versi beta pun belum punya fitur ini.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:18:47 WIB

    Cara Menggunakan Fitur Penunjuk Jalan di Google Maps, Mudah kok

    Cara Menggunakan Fitur Penunjuk Jalan di Google Maps, Mudah kok HARIANHALUAN.COMĀ - Google Maps telah merilis fitur Live View AR atau penunjuk jalan tahun lalu. Nah, bagaimana kamu yang masih kebingungan menggunakan fitur tersebut tidak perlu khawatir. Harianhaluam.com mencoba mengulas ca.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 23:18:13 WIB

    Harus Coba, Ini Enam Fitur Aplikasi WhatsApp yang Wajib Diketahui

    Harus Coba, Ini Enam Fitur Aplikasi WhatsApp yang Wajib Diketahui HARIANHALUAN.COM - Meski aplikasi chatting WhatsApp telah banyak digunakan orang, namun tak semua tahu fitur-fiturnya. Padahal fitur aplikasi WhatsApp ini sangat berguna. Seperti diketahui, orang menggunkan aplikasi WhatsApp .
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 17:03:12 WIB

    WhatsApp Versi Mendatang, Ini Fitur yang Sedang Dikembangkan

    WhatsApp Versi Mendatang, Ini Fitur yang Sedang Dikembangkan HARIANHALUAN.COM - Aplikasi percakapan milik Facebook, WhatsApp, sedang mengembangkan beberapa fitur baru yang kabarnya bakal tersedia pada versi mendatang..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 09:23:58 WIB

    Tunggu Tanggal Mainnya, WhatsApp Siapkan Fitur Penting

    Tunggu Tanggal Mainnya, WhatsApp Siapkan Fitur Penting HARIANHALUAN.COM - Aplikasi WhatsApp tampaknya akan merilis fitur kemampuan mengobrol di banyak perangkat. Banyak rumor mengenai tentang kapan pembaruan ini akan tiba. Dikutip dari WABetainfo menyebutkan fitur penting ini bis.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:05:30 WIB

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan WhatsApp menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR. WhatsApp sudah meng.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]