Toyota Recall Alphard, Fortuner Hingga Hilux di Indonesia, Ini Masalahnya


Ahad, 02 Agustus 2020 - 09:20:00 WIB
Toyota Recall Alphard, Fortuner Hingga Hilux di Indonesia, Ini Masalahnya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah Mitsubishi, Nissan dan Honda yang melakukan recall mobil-mobilnya karena masalah fuel pump atau pompa bahan bakar, kini giliran PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang mengumumkan recall. TAM memanggil beberapa pemilik mobil Toyota yang terlibat kampanye recall fuel pump.
Recall mobil-mobil ini merupakan kampanye inisiatif global Toyota Motor Corporation yang dilakukan distributor Toyota di dunia, termasuk di Indonesia. Para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun tertentu diimbau untuk mengganti fuel pump kendaraannya.

Adapun mobil-mobil Toyota yang terkena dampak recall fuel pump adalah Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, serta Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan, pihaknya mengimbau para pelanggan Toyota agar dapat segera mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota.

"Sebagai wujud komitmen Toyota Beyond Service dan menghadirkan Peace of Mind bagi pelanggan, Toyota terus memperhatikan produk-produk yang bahkan sudah berada di pelanggan sekalipun. Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kami sangat mengimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota," kata Henry dalam siaran persnya.

Dikutip dari kolom Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Ask Question/FAQ) di laman resmi Toyota-Astra Motor, ada potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar yang bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi, hal ini dapat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Sebelumnya, masalah yang mirip juga terjadi pada Mitsubishi Xpander. Kemungkinan penyebab recall Mitsubishi Xpander adalah impeller atau baling-baling fuel pump memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar. Begitu juga dengan Honda yang mengidentifikasi masalah komponen fuel pump berpotensi mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan Fuel Pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kembali ke recall mobil Toyota, proses pengecekan dan penggantian perangkat fuel pump dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali alias gratis. Seluruh jaringan Toyota dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan penggantian fuel pump model kendaraan di atas.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]