Begini Prediksi Ngeri IMF Soal Krisis Global


Ahad, 02 Agustus 2020 - 10:45:45 WIB
Begini Prediksi Ngeri IMF Soal Krisis Global Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Resesi dan krisis ekonomi kini menjadi perhatian seluruh negara. Beberapa negara sudah resesi karena virus corona Covid-19. IMF pun mengeluarkan ramalan ngeri soal krisis ekonomi.

Paling tidak ada enam negara yang sudah jatuh ke dalam resesi. Mereka adalah AS, Jerman, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura dan Perancis. Negara-negara ini mengalami resesi karena dua kuartal pertumbuhan ekonominya mengalami kontraksi atau minus dalam dua kurtal.

Contohnya AS yang ekonomi minus 32,9% periode April-Juni. Kontraksi ini jauh lebih tajam dari kuartal I yang tercatat minus 5%. Pertumbuhan ekonomi negatif karena semua mesin ekonomi tak bergerak. Corona membuat banyak sektor terhenti karena sejumlah negara menerapkan lockdown.

Resesi bisa tak segera di atasi maka negara bisa jatuh ke dalam krisis ekonomi. Adanya potensi ini disuarakan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam outlook bertajuk A Crisis Like No Other, An Uncertain Recovery.

IMF memperkirakan ekonomi global akan tumbuh -4,9%, lebih rendah 1,9 poin dibanding outlook IMF pada April 2020, yakni -3%. Dalam wawancara yang dilakukan dengan ekonom-nya, IMF juga sudah memberi kisi-kisi outlook akan sangat buruk. Ekonomi global disebut akan menderita krisis keuangan terburuk sejak Great Depression tahun 1930-han.

"Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang negatif pada paruh pertama 2020 daripada yang diperkirakan," tulis lembaga itu, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (2/8/2020).

IMF bahkan menamai krisis saat ini sebagai "Great Lockdown". Lembaga itu bahkan berujar krisis tidak seperti apapun yang pernah dilihat di dunia sebelumnya.

Bank Dunia dalam outlook ekonomi global terbarunya "Global Economic Prospects" 8 Juni lalu meramalkan ekonomi bakal menyusut 5,2% tahun ini. Lembaga ini menyebut, krisis pada masa ini adalah resesi terdalam sejak Perang Dunia II.

"(Resesi) menjadi yang terdalam di negara maju sejak PD II dan kontraksi output pertama di negara berkembang dalam enam dekade terakhir," tegas Direktur Prospek Grup Bank Dunia, Ayhan Kose.

Aktivitas ekonomi negara maju disebut akan berkontraksi 7% pada tahun 2020. Karena permintaan dan pasokan perdagangan serta keuangan dalam negeri terganggu.

Pasar dan ekonomi berkembang (EMDE's) diperkirakan akan berkontraksi 2,5% di 2020. Ini merupakan kontraksi pertama sejak 60 tahun terakhir di mana pendapatan per kapita diperkirakan turun 3,6%.

"Krisis panjang ... dan menimbulkan tantangan global yang besar," kata Wakil Presiden Bak Dunia untuk Pertumbuhan, Keuangan dan Lembaga yang berkeadilan Ceyla Pazarbasioglu. "Komunitas global harus bersatu untuk pemulihan kembali, mencegah lebih banyak orang jatuh ke dalam kemiskinan dan pengangguran."(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:51:19 WIB

    Kayawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Dapat BLT, Begini Proses Pencairannya

    Kayawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Dapat BLT, Begini Proses Pencairannya HARIANHALUAN.COM - Selama 4 bulan, karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah sebesar Rp600 ribu/bulan atau total Rp 2,4 juta. .
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:26:59 WIB

    Begini Nasib Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta Tapi Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

    Begini Nasib Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta Tapi Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu HARIANHALUAN.COM - Pegawai swasta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapat bantuan Rp 600 ribu selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan sebesar Rp 1,2 juta da.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 13:19:36 WIB

    Pelaku UMKM Ingin Jadi Mitra Pertamina? Begini Caranya...

    Pelaku UMKM Ingin Jadi Mitra Pertamina? Begini Caranya... HARIANHALUAN.COM - Ketika merintis usaha, modal menjadi salah satu hal yang memengaruhi tahap awal perjalanan Anda. Namun jangan khawatir, karena sejumlah pihak menyediakan pembiayaan modal usaha bagi para pelaku Usaha Mikro,.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 00:01:39 WIB

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pelaku usaha harus mematuhi Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjual.
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 19:37:40 WIB

    Jangan Sedih, Begini Cara Bangkit dari PHK Lewat Bisnis Baru!

    Jangan Sedih, Begini Cara Bangkit dari PHK Lewat Bisnis Baru! HARIANHALUAN.COM - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat virus corona saat ini kian marak terjadi, dalam kasus ini banyak perusahaan yang mengalami krisis keuangan. Pekerja mau tak mau terpaksa dirumahkan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]