Cegah Penularan Covid-19, Beberapa Prosedur Ini Dilakukan PNP


Ahad, 02 Agustus 2020 - 15:14:33 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Beberapa Prosedur Ini Dilakukan PNP Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Merebaknya wabah Covid-19 di Kota Padang, Provinsi Sumbar pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distance. Dengan melakukan social distance, maka akan mengurangi peluang penyebaran kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Untuk itu beberapa perguruan tinggi mengharuskan mahasiswanya untuk kuliah di rumah. Termasuk Politeknik Negeri Padang (PNP). Selain itu pelaksanaan magang yang harusnya dilaksanakan dalam waktu dekat juga ditunda, dan sejumlah kegiatan perkuliahan menggunakan sistem daring.

Nah bagi mahasiswa yang harus ke kampus, da sejumlah prosedur yang perlu dipatuhi. Berikut prosedur yang dilakukan PNP untuk mencegah penyebaran virus Corona di kampus:

1. Kondisi ruang praktik harus jaga jarak minimal 1,5 meter.

2. Jumlah hari dan jam pembelajaran tatap muka dengan pembagian rombongan belajar (shif) ditentukan
oleh masing-masing jurusan dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

3. Perilaku wajib diseluruh lingkungan Politeknik Negeri Padang harus menggunakan masker kain 3 lapis atau 2 lapis yang didalamnya diisi tisu dengan baik, serta diganti setelah digunakan selama 4 jam 1 lembar.

Membersihkan tangan dengan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) atau mencuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir.

Menjaga jarak minimal 1,5 meter dan tidak melakukan kontak fisik, seperti bersalaman dan cium tangan. Menerapkan etika batuk/bersin.

4. Sarana dan prasarana praktik

Sebelum dan setelah digunakan, sarana dan prasarana praktik harus dilakukan disinfeksi.

5. Kondisi medis warga Politeknik Negeri Padang

Sehat dan jika mengidap penyakit penyerta (comorbid) dan harus dalam kondisi terkontrol. Tidak memiliki gejala covid-19 termasuk pada orang yang serumah dengan warga Politeknik Negeri Padang.

6. Kantin

Boleh beroperasi di kantin dengan menjaga protokol kesehatan.

7. Kegiatan olahraga dan kegiatan kemahasiswaan lainnya

Dengan adanya penggunaan alat/fasilitas yang harus dipegang oleh banyak orang secara dalam waktu yang singkat dan/atau tidak tetap kecuali kegiatan bergantian memungkinkan untuk menerapkan jaga jarak minimal 1,5 meter. Misalnya, basket dan voli. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]