Sistem Ganjil Genap Diberlukan Besok, Dishub: Bukan Lagi Uji Coba


Ahad, 02 Agustus 2020 - 15:16:45 WIB
Sistem Ganjil Genap Diberlukan Besok, Dishub: Bukan Lagi Uji Coba Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan aturan ganjil genap (gage) bagi kendaraan roda empat di masa PSBB transisi mulai Senin, 3 Agustus 2020. Penerapan gage diberlakukan di 25 ruas jalan di Ibu Kota pada Senin-Jumat.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan bahwa kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor ganjil genap yang mulai diberlakukan Senin (3/8) bukan lagi uji coba.

"Tidak lagi uji coba. Kita langsung lakukan operasional penuh mulai Senin (3/8)," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Ahad (2/8).

Syarif menjelaskan, pemberlakuan kembali sistem ganjil genap bertujuan untuk menekan pergerakan orang yang masif ke pusat kegiatan yang rawan terjadi penularan Covid-19. Pasalnya telah teridentifikasi terjadi peningkatan volume lalu lintas yang signifikan.

Di samping itu, lanjutnya, saat ini Jakarta tidak lagi memiliki instrumen pembatasan yang bisa digunakan sebagai pengontrol bagi warga dalam melakukan pergerakan.

"Sementara di sisi lain dengan dihapuskannya SIKM (Surat Izin Keluar Masuk), Pemprov DKI tidak memiliki lagi instrumen pembatasan pergerakan orang. Oleh sebab itu, sekarang yang diaktivasi adalah (penerapan) ganjil genap," ujar dia.

Syarif melanjutkan, dengan penerapan tersebut, diharapkan masyarakat tidak melakukan perjalanan yang tidak penting dan tetap melakukan work from home (WFH). "Yang kita tuju, orang yang tidak memiliki keperluan yang sangat penting tidak melakukan pergerakan. Misal hari ini (penerapan) ganjil, mobilnya genap, berarti tidak bergerak karena pembatasan lalin," lanjut dia. (*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 18:36:26 WIB

    Ada Indikasi Korupsi pada Sistem Gaji Baru di KPK

    Ada Indikasi Korupsi pada Sistem Gaji Baru di KPK HARIANHALUAN.COM - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode Muhammad Syarif menilai, diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) 41/2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK menjadi ASN, menjadi kemunduran bagi lem.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 11:14:59 WIB

    Kemenkes Minta Perkantoran Optimalkan Sistem Kerja dari Rumah

    Kemenkes Minta Perkantoran Optimalkan Sistem Kerja dari Rumah HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi mengimbau perkantoran menggunakan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah munculnya klaster penularan virus corona.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:51:40 WIB

    Jokowi Sebut Kuliah Daring Jadi Sistem Pembelajaran Baru

    Jokowi Sebut Kuliah Daring Jadi Sistem Pembelajaran Baru HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang berharga yakni masyarakat bisa mengembangkan cara-cara yang baru untuk berkegiatan. Salah satunya dalam bidang pendidikan .
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 13:59:04 WIB

    Ada Usulan Salat Jumat Sistem Ganjil Genap Pakai Nomor HP, Jemaah Bingung

    Ada Usulan Salat Jumat Sistem Ganjil Genap Pakai Nomor HP, Jemaah Bingung HARIANHALUAN.COM - Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran mengenai pelaksanaan Salat Jumat dalam dua gelombang dengan aturan ganjil genap berdasarkan nomor ponsel (HP). Surat edaran DMI nomor 105-Khusus /PP-DM.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 08:04:00 WIB

    Menteri PAN-RB: Mulai Hari Ini ASN di Jabodetabek Bekerja dengan Sistem Sif

    Menteri PAN-RB: Mulai Hari Ini ASN di Jabodetabek Bekerja dengan Sistem Sif HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, aparatur sipil negara ( ASN) di wilayah Jabodetabek akan bekerja dengan sistem sif (bergiliran) mulai.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]