Zona Kuning, Gugus Tugas Dharmasraya Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan


Ahad, 02 Agustus 2020 - 15:53:22 WIB
Zona Kuning, Gugus Tugas Dharmasraya Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Masih berada dalam zona kuning atau penanganan terkendali, satuan gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat daerah itu tetap menjalankan standar protokol kesehatan bebas Covid-19 secara ketat.

"Meskipun sudah dalam masa penerapan tatanan kenormalan baru atau new normal dimana masyarakat boleh beraktivitas seperti biasa, namun setiap individu wajib menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah itu, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Minggu (02/08).

Kebiasaan tersebut, lanjutnya, antara lain membawa sajadah sendiri dari rumah ketika melaksanakan ibadah shalat berjamaah di Masjid atau Mushala.

Pihaknya sangat menyayangkan penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker dan lain-lain, padahal pandemi ini belum berakhir dan hanya bisa dilawan bersama melalui penerapan adaptasi kebiasaan baru yang sudah sangat masif disosialisasikan hingga tingkat pemerintahan terdepan.

"Pada kesempatan ini kami juga meminta kepada pihak gugus tugas kecamatan dan nagari agar meningkatkan pemantauan terhadap pelaku perjalanan daerah terjangkit atau PPT dan segera melaporkan serta meminta yang bersangkutan untuk mengisolasi diri hingga terbukti tidak terpapar virus Covid-19," imbaunya.

Menurutnya, terjadinya penambahan kasus konfirmasi positif didominasi oleh adanya kontak lokal antara PPT dengan penduduk setempat.

Terkait upaya penanganan yang sudah dilakukan pihaknya, ia menjelaskan hingga saat ini masih ada lima orang pasien kasus konfirmasi yang masih dalam proses penyembuhan yakni tiga orang merupakan warga Padang Laweh, satu orang warga Sitiung dan satu orang warga Koto Baru.

"Hingga tanggal 02 Agustus 2020, jumlah notifikasi PPT mencapai 7003 jiwa dengan jumlah kasus konfirmasi positif masih 34 orang dan 29 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh," tutupnya.

Pantauan Harianhaluan.com, disamping melemahnya tingkat kesadaran masyarakat menerapkan standar adaptasi kebiasaan baru, sejumlah tempat umum dan layanan publik seperti pertokoan dan beberapa gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik bank pemerintah dan swasta, sebagian tidak lagi menyediakan cairan hand sanitizer atau fasilitas cuci tangan yang memadai. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]