Mulyadi Gotong-royong Menyumbang Sapi untuk Dibagikan ke Masyarakat Sumbar


Ahad, 02 Agustus 2020 - 17:18:20 WIB
Mulyadi Gotong-royong Menyumbang Sapi untuk Dibagikan ke Masyarakat Sumbar Proses pemotongan sapi kurban

HARIANHALUAN.COM - Dalam memperingati  Hari Raya Idul Adha 1441 H calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi ikut bergotong-royong menyumbang hewan kurban. Hewan kurban Mulyadi berupa sapi yang disalurkan kepada masjid-masjid yang ada Sumbar. 

Salah satunya masjid yang di Masjid Baiturrahman, Kota Bukittinggi. Sapi kurban Mulyadi berukuran besar dan diperkirakan beratnya hingga ratusan kilogram. 
"Sapi ini kurban dari Ir. H. Mulyadi," terdengar dari pengeras suara masjid.

Pada saat penyembelihan atau mandabiah, hewan kurban Mulyadi jadi tontonan masyarakat sekitar. Beberapa warga juga memakai kaos dengan bergambar Mulyadi.

Setelah sapi tersebut tumbang dan disembelih, masyarakat secara gotong royong memotong bagian-bagian dari sapi tersebut. Setiap warga yang datang memotong membawa pisau sendiri. Daging dan tulang sapi Simental dipotong masyarakat sesuai bagian yang diperintahkan oleh tukang dabiah atau tukang potong.

Em Tuanku Gn. Kayo sebagai Ketua Masjid Baiturahman yang juga memimpin proses penyembelihan hewan kurban mengatakan, masyarakat setiap tahun memang bergotong royong dalam memotong hewan kurban. Tak terkecuali hewan kurban yang diberikan Mulyadi.

Meski berukuran besar, hewan kurban Mulyadi bisa ditaklukkan bersama-sama. Hal itu sudah menjadi kebiasaan dari dahulu.

"Turun bermasyarakat, ikut semuanya. Dari niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai terlibat dalan kegiatan kurban, banagari lah," ucap Em di Guguak Panjang, Bukittinggi, Sabtu (1/8/2020).

Sebagai tokoh masyarakat di Guguak Panjang, Em mengucapkan terima kasih kepada Mulyadi. Karena, setiap tahun tetap menyisihkan sebagian harta untuk berkurban.

"Tahun kemarin juga menyumbangkan 1 ekor sapi, tiap tahun seperti ini. Beliau sangat peduli kepada kepetingan umum," ucap Em.

Dia berdoa agar kemurahan hati Mulyadi dibalas oleh Allah SWT. Serta semua yang dicita-citakan Mulyadi dipermudah dan dilancarkan.

"Kami atas nama pengurus masjid, mudah-mudahan niat beliau membangun Sumbar ini kedepan tambah maju dimudahkan," harapnya. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]