Siap-siap, Museum Kereta Api akan Ada di Kota Pariaman


Ahad, 02 Agustus 2020 - 17:56:59 WIB
Siap-siap, Museum Kereta Api akan Ada di Kota Pariaman Stasiun Kereta Api Pariaman merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang ada di kota tersebut.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Museum kereta api akan segera ada di Kota Pariaman, ini dapat menciptakan daya tarik baru terhadap kunjungan wisatawan ke kota tersebut.

Hal itu terkait atas permintaan pemko pariaman beberapa waktu lalu ke PT KAI Wilayah Sumbar, ternyata di respon positif. Dan akan menyerahkan sebuah lokomotif serta gerbong kereta api untuk Kota Pariaman.

Hal itu dikatakan Kadivre II PT. KAI Wilayah Sumbar, Insan Kesuma, saat Walikota Pariaman, Genius Umar  meninjau lokasi perbengkelan milik PT KAI di Simpang Haru pada Sabtu (1/8/2020).

Bahkan Kadivre II PT. KAI Wilayah Sumbar, itu menyataka pihaknya  siap membantu pengangkutan satu lokomotif dan gerbongnya menuju Stasiun Kereta Api Kota Pariaman.  Begitupun dengan tenaga ahlinya yang ada, siap  membantu men-design ulang sesuai keadaan aslinya semasa kereta api itu berada pada masa kejayaannya.

Seperti disebutkan Walikota Pariaman Genius Umar, Kota Pariaman mempunyai sebuah sejarah tentang perkereta apian di Indonesia.  Dan stasiun Pariaman serta jalurnya dibangun sekitar tahun 1891-1894, pertamakali digunakan Belanda pertamakali pada Tahun 1908. Selain itu, stasiun kerata api itu sudah tercatat sebagai salah satu bangunan cagar budaya di kota tersebut.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Yanrileza, kepada  harianhaluan.com, Minggu sore,(2/8-2020), mengatakan proses untuk percepatan pengangkutanya sedang disiapkan.

Mudah-mudahan secepatnya selesai dan sebuah lokomotif dan satu gerbongya tiba Kota Pariaman ini. (*)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]