Update Covid-19 Sumbar Per 2 Agustus: Tambah 9 Kasus Positif, Paling Banyak dari Padang


Ahad, 02 Agustus 2020 - 18:08:21 WIB
Update Covid-19 Sumbar Per 2 Agustus: Tambah 9 Kasus Positif, Paling Banyak dari Padang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penambahan kasus positif virus corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) terus bertambah, hari ini tercatat sebanyak sembilan warga kembali dinyatakan positif Covid-19 yang berasal dari tiga daerah, yaitu Kota Padang, Kota Solok dan Kabupaten Solok.

"Kota Padang masih dengan jumlah terbanyak yaitu tujuh kasus," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal, Minggu (2/8/2020).

Ketujuh kasus positif dari Kota Padang diantaranya, pria 42 tahun warga Batuang Taba, pekerjaan Wiraswasta dan pria 10 tahun juga warga Batuang Taba, status pelajar, keduanya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Semen Padang Hospital.

"Ada juga wanita 56 tahun warga Kubu Marapalam, pekerjaan Swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan dirawat di Rumah Sakit BMC Padang," kata Jasman.

Sementara empat pasien lainnya dari Kota Padang dilakukan penanganan isolasi mandiri sementara yakni, pria 49 tahun warga Andaleh dan pria 36 tahun warga Kubu Dalam Parak Karakah, keduanya bekerja sebagai karyawan Bank dan terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, serta pria 16 tahun warga Lubuak Lintah, status pelajar.

Terakhir, wanita 31 tahun warga Dadok Tunggua Hitam, status IRT, diduga terpapar dari aktivitas keluarga. 

Sementara dari Kota Solok adalah pria 18 tahun warga Tanah Garam, pekerjaan Honorer, diduga terpapar dari pekerjaan. Dari Kabupaten Solok, pria 59 tahun warga Saok Laweh, pekerjaan Tukang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Total sampai hari ini, sebanyak 957 orang warga Sumbar sudah dinyatakan terinfeksi Covid-19. Rincian jumlah tersebut 67 diantaranya dirawat di berbagai rumah sakit atau sekitar 7,0 persen, isolasi mandiri 66 orang atau 6,9 persen, isolasi daerah enam orang atau 0,6 persen, isolasi BPSDM 16 orang atau 1,7 persen, meninggal dunia 34 orang atau 3,6 persen dan sembuh 768 orang atau 80,3 persen.

"Positivity Rate masih di angka 1,50 persen dengan jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 72.881 sampel dengan 63.749 orang," ujarnya.

Sembilan warga positif Sumbar berasal dari 708 pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]