Hari Ini, Universitas Perintis Indonesia Resmi Diluncurkan di Padang


Senin, 03 Agustus 2020 - 10:59:51 WIB
Hari Ini, Universitas Perintis Indonesia Resmi Diluncurkan di Padang Peluncuran Upertis pada hari Senin (3/8) turut dihadiri oleh Gubernur Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis (STIKes) dan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Perintis (STIFI) saat ini telah resmi menjadi sebuah Universitas Perintis Indonesia (Upertis) dengan diadakannya launching pada tanggal 3 Agustus 2020. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dan juga Wali Kota Padang Mahyeldi.

Kegiatan yang diselenggarakan di Convention Hall Universitas Perintis Indonesia Gedung E dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Yayasan Perintis Indonesia, Yohandes Rafki. Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan sejarah singkat Upertis dari awal yang didirikan oleh Rafki Ismail. "Menjadi universitas ini perjuangannya tidaklah singkat," ungkapnya.

Yohandes Rafki juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada berbagai pihak karena telah dapat mewujudkan Universitas Perintis Indonesia. "Terima kasih pada berbagai pihak yang telah membantu agar ke depannya dapat saling membantu untuk kemajuan Upertis," ucapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan sekapur sirih oleh Wakil Ketua Yayasan Perintis, Rafnely Rafki. Dia bercerita mulanya Yayasan Perintis Indonesia didirikan pada tahun 1988. Namun, untuk efektivitas dan kelancaran para mahasiswa, barulah pada tahun 2011 mulai dengan membangun gedung-gedung penunjang perkuliahan dan sebagainya. 

"Founding Father kami adalah Rafki Ismail yang juga sebagai orang tua kami. Dua hari sebelum meninggal, dia berpesan agar semua Prodi (Program Studi) yang ada di Perintis terakreditasi minimal B dan yang kedua agar Perintis ini dapat menjadi universitas," katanya.

Selain itu, Rafnely juga menyebutkan cita-cita kedua orang tuanya dalam membangun sebuah Masjid Perintis dan juga sebuah Rumah Sakit Perintis dan akan segera diwujudkan. "Kami disini sudah memiliki tenaga apoteker dan tenaga kesehatan lainnya. Tinggal mencari tenaga dokter. Kemudian, Upertis berencana nanti juga akan membuka Fakultas Kedokteran. Sehingga lengkaplah sudah untuk mendirikan sebuah rumah sakit," harapnya.

Hal tersebut telah menjadi kenyataan seiring diserahkannya Surat Keputusan (SK) Mendikbud tentang penggabungan perguruan tinggi dan perubahan nama badan penyelenggara. SK yang berisikan tentang penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis (STIKes) dan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Perintis (STIFI) menjadi Universitas Perintis Indonesia dan perubahan nama badan penyelenggara tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri kepada Yohandes pada Jumat (17/7/2020).

Transformasi Perintis menjadi sebuah universitas memang sudah dipersiapkan secara matang dengan mengkaji seluruh aspek, termasuk kebutuhan dunia kerja untuk tahun-tahun mendatang. Karena itu, Prodi yang dihadirkan sesuai dan mengikuti perkembangan zaman. "Upertis membuka dua program studi baru sekaligus, Ilmu Komunikasi dan Bisnis Digital," terangnya.

Penambahan dua prodi baru tersebut, saat ini, Upertis telah memiliki 12 pilihan program studi diantaranya Farmasi, Keperawatan, Gizi dan lainnya. Rafnely menerangkan prodi baru yang dihadirkan tersebut merupakan upaya Upertis dalam mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja dimasa yang akan datang. 

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengambilan sumpah untuk pejabat Rektor Universitas Perintis Indonesia, Prof. Dr. Apt. Elfi Sahlan Ben yang disaksikan oleh Gubernur Sumbar dan Walikota Padang. Rektor Universitas Perintis Indonesia, Prof. Dr. Apt. Elfi Sahlan Ben dalam sambutannya berharap agar dirinya dapat membawa Upertis menjadi universitas yang lebih baik dan memiliki lulusan yang mumpuni. 

"Segala tantangan untuk menumbuh kembangkan Upertis ini agar dapat kita lalui dengan bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, Elfi Sahlan Ben juga mengatakan, tanpa persatuan dan bahu-membahu dosen, anggota yayasan, mahasiswa, dan pemerintahan Universitas Perintis Indonesia tidak akan bisa bergerak maju. Oleh karena itu, dengan bersatu dan tolong menolong tanpa pamrih segala tantangan tersebut akan dapat dilalui dengan baik. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]