Pemerintah RI akan Bangun 5 Bendungan Baru


Senin, 03 Agustus 2020 - 13:02:41 WIB
Pemerintah RI akan Bangun 5 Bendungan Baru Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 5 bendungan baru. Bendungan tersebut adalah,  Bendungan Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Jragung di Jawa Tengah, Bendungan Ameroro di Sulawesi Selatan dan Bendungan Budong-budong di Sulawesi Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bendungan dibangun untuk memenuhi target ketahanan air. Pemerintah menargetkan bisa menyediakan air baku sebanyak 54,81 meter kubik per detik pada 2024 mendatang. 

Selain itu, bendungan juga dibangun untuk program ketahanan pangan nasional, energi, pengendalian banjir dan pariwisata. 

Basuki menambahkan dari lima bendungan yang akan dibangun tersebut, dua di antaranya telah terkontrak, yakni Bendungan Tiu Suntuk dan Bendungan Sepaku Semoi.

Sementara tiga sisanya sedang dalam proses lelang.

"Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," kata Menteri Basuki seperti dikutip dari website Kementerian PUPR, Senin (3/7), dilansir cnnindonesia.com.

Di samping pembangunan bendungan baru, pada 2020 ini Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan dan akan segera melakukan pengisian air di dua bendungan.

Pertama, Bendungan Tukul di Pacitan. Bendungan Tukul memiliki kapasitas tampung 8,68 juta m3 untuk mensuplai irigasi seluas 600 ha dan air baku 300 liter/detik.

Sementara kedua, Bendungan Tapin memiliki kapasitas tampung 56,77 juta m3 untuk suplai air irigasi seluas 5.472 ha.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 19:58:47 WIB

    Beli Vaksin Corona, Pemerintah Butuh Rp70 Triliun Tahun Depan

    Beli Vaksin Corona, Pemerintah Butuh Rp70 Triliun Tahun Depan HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Raden Pardede menyebut pemerintah butuh anggaran hingga Rp70 triliun untuk membeli vaksin virus Corona pada 2021 mendatang..
  • Selasa, 22 September 2020 - 18:44:00 WIB

    Definisi Kematian Karena Covid-19 Takkan Dirubah oleh Pemerintah

    Definisi Kematian Karena Covid-19 Takkan Dirubah oleh Pemerintah HARIANHALUAN.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengaku tidak akan mengubah definisi kematian akibat virus dengan hanya menyempitkan kematian akibat virus SARS-CoV-2 dan menghilangkan penyebab penyakit penyerta..
  • Ahad, 20 September 2020 - 22:26:56 WIB

    Pemerintah Ingatkan Masyarakat Waspadai Klaster Pilkada

    Pemerintah Ingatkan Masyarakat Waspadai Klaster Pilkada HARIANHALUAN.COM - Guna menurunkan laju pertumbuhan kasus positif COVID-19 di Indonesia, Kemenkes membentuk Tim Taskforce yang dikirimkan ke 9 provinsi prioritas penanganan COVID-19. Salah satu provinsi yang dikunjungi adal.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 08:03:30 WIB

    Pemerintah RI Kerahkan COVID-19 Hunter, Ini Tugasnya

    Pemerintah RI Kerahkan COVID-19 Hunter, Ini Tugasnya HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan ada COVID-19.
  • Jumat, 18 September 2020 - 08:28:02 WIB

    Sasaran Warga Miskin Diperluas Jadi 60%, Pemerintah Gelontorkan Rp419,3 T

    Sasaran Warga Miskin Diperluas Jadi 60%, Pemerintah Gelontorkan Rp419,3 T HARIANHALUAN.COM - Kementerian Sosial memberikan perhatian serius dalam penyempurnaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai Tahun Anggaran 2021. Penyempurnaan DTKS salah satunya untuk mengantisipasi perluasan sasaran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]