Terbaru! Hasil Tes Corona Bisa Keluar Dalam 90 Menit


Senin, 03 Agustus 2020 - 15:21:48 WIB
Terbaru! Hasil Tes Corona Bisa Keluar Dalam 90 Menit Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Inggris menemukan inovasi terbaru dalam hal uji tes untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona (Covid-19) atau tidak. Di mana hasil uji dengan alat baru itu bisa diketahui dalam waktu sekitar 90 menit.

Selain Covid-19, alat itu juga bisa mendeteksi flu dan penyakit musiman lainnya. Menurut BBC, hampir setengah juta alat tes swab inovasi terbaru itu akan diluncurkan di klinik kesehatan dan laboratorium Inggris mulai minggu depan.

Jutaan lainnya akan diluncurkan akhir tahun ini. Namun demikian, saat ini tidak ada data yang tersedia untuk umum tentang keakuratan tes baru.

Selain itu, ribuan mesin uji DNA, yang telah digunakan di delapan rumah sakit di London dan dapat menganalisis cairan usap hidung, akan diluncurkan di rumah sakit NHS mulai September.

"Tes Covid-19 yang cepat dan sangat akurat itu dapat digunakan di mana saja dengan sampel langsung menunjukkan hasil." kata Profesor Chris Toumazou, salah satu pendiri DnaNudge, yang memasok mesin-mesin yang menyediakan tes tersebut.

"Mereka memiliki potensi untuk memberikan solusi pengujian global yang dapat diakses," tambah Gordon Sanghera, kepala eksekutif Oxford Nanopore, yang memasok tes itu.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock menyebut kemajuan itu sebagai "penyelamatan hidup", mengingat tingginya tingkat tes bisa membantu menghentikan penyebaran wabah asal Wuhan, China itu.

"Jutaan tes virus corona cepat baru akan memberikan hasil instan dalam waktu kurang dari 90 menit, membantu kita memutuskan rantai penularan dengan cepat," katanya.

"Fakta bahwa tes-tes ini dapat mendeteksi flu dan Covid-19 akan sangat bermanfaat saat kita memasuki musim dingin, sehingga pasien dapat mengikuti saran yang tepat untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain."

Perlu diketahui, saat ini, tiga perempat hasil tes COVID-19 baru bisa diperoleh dalam waktu 24 jam dan seperempatnya bisa memakan waktu hingga dua hari.

Kabar baik inovasi itu disampaikan di tengah pesatnya pertumbuhan kasus-kasus baru COVID-19 di berbagai negara dunia, termasuk Inggris. Di mana menurut Worldometers, angka kasus COVID-19 Inggris telah mencapai 304.695 kasus dan 46.201 orang di antaranya telah meninggal dunia.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]