Dalam 6 Bulan, 105 Hektare Hutan dan Perkebunan di Dharmasraya Musnah Terbakar


Senin, 03 Agustus 2020 - 17:26:06 WIB
Dalam 6 Bulan, 105 Hektare Hutan dan Perkebunan di Dharmasraya Musnah Terbakar Salah satu peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, pada 2020. Foto Dok Dinas Satpol PP Damkar Dharmasraya.

HARIANHALUAN.COM - Sejak Januari hingga Juli 2020, tercatat sebanyak 22 titik api telah menghanguskan lahan seluas 105 hektare yang terdiri dari kawasan hutan dan lahan perkebunan masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. 

"Pada 2019 tercatat total luas areal yang terbakar mencapai 598,3 hektare, jika dibandingkan periode tahun lalu jumlah kebakaran hutan dan lahan bisa dikatakan menurun," kata Kepala Bidang Ketenteraman Ketertiban Umum dan Pemadam Kebakaran (Trantibum Damkar) Dinas Satpol-PP dan Damkar setempat, Yunisman, di Dharmasraya, Senin (03/08).

Ia menyebutkan, untuk jumlah sebaran peristiwa kebakaran secara keseluruhan, pada 2019 Pos Damkar yang paling banyak menangani peristiwa kebakaran adalah wilayah sungai Rumbai, dengan total mencapai 54 titik api. 

Kemudian, lanjutnya, disusul oleh Pos Damkar Pulau Punjung sebanyak 43 titik api, Pos Damkar Blok B sebanyak 26 titik api dan Pos Damkar Timpeh sebanyak 7 titik api. 

"Tingginya jumlah penanganan oleh Pos Sungai Rumbai ini dipicu karena wilayah itu banyak terdapat sebaran lahan perkebunan sawit dan karet," ujarnya. 

Untuk mengatasi agar kebakaran lahan dan hutan tidak lagi meningkat, pihaknya terus lakukan sosialisasi kepada seluruh wali nagari yang ada di daerah itu. Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini Dharmasraya tengah memasuki musim kemarau.

"Antisipasi agar kebakaran bisa cepat kita tangani, kami berikan nomor telepon tiap pos ke setiap wali nagari di seluruh kecamatan," jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak lagi melakukan pembakaran lahan dan hutan serta berhati-hati dengan benda yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Pada musim kemarau seperti ini kewaspadaan harus ditingkatkan karena jika terpicu maka kebakaran akan meluas dan sulit dijinakkan," tutupnya.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]