Sejumlah Perusahaan Raksasa di AS Bolehkan WFH Selamanya!


Senin, 03 Agustus 2020 - 17:55:16 WIB
Sejumlah Perusahaan Raksasa di AS Bolehkan WFH Selamanya! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Wabah virus corona (COVID-19) asal Wuhan, China telah memaksa orang-orang untuk menjaga jarak demi mencegah dari tertular. Di mana salah satu imbasnya telah membuat sistem kerja jarak jauh atau kerja dari rumah (work from home/WFH) lumrah terjadi di tengah pandemi.

Bahkan, berbagai perusahaan di Indonesia juga telah menerapkan aturan tersebut pada Maret lalu, ketika wabah COVID-19 mulai terdeteksi di Indonesia. Namun demikian, kini telah banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan new normal atau normal baru dan membolehkan pekerjanya untuk kembali ke kantor.

Tapi, apa yang ditempuh perusahaan-perusahaan itu berbeda dengan beberapa perusahaan raksasa di Amerika Serikat (AS), yang ternyata membiarkan karyawannya untuk melakukan WFH untuk jangka panjang.

Sebagaimana dilaporkan CNN, beberapa perusahaan di AS membolehkan karyawannya untuk WFH hingga setidaknya 2021, dan beberapa bahkan membolehkan para pekerja untuk WFH selamanya.

Salah satu perusahaan yang menerapkan aturan WFH selamanya adalah Twitter. Perusahaan media sosial populer itu mengumumkan sebagian karyawannya dapat bekerja dari rumah secara permanen pada Mei lalu.

Terbaru pada pekan lalu, Google telah mengumumkan bahwa karyawannya akan bekerja dari rumah hingga tahun 2021.

"Saya harap ini akan menawarkan fleksibilitas yang Anda butuhkan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan menjaga diri Anda dan orang yang Anda cintai selama 12 bulan ke depan," tulis CEO Google Sundar Pichai dalam memo kepada karyawan, sebagaimana dilaporkan CNN, Senin (3/8/2020).

Salah satu pertimbangan menerbitkan aturan itu adalah akibat banyaknya penutupan tempat pengasuhan anak dan sekolah di tengah pandemi, membuat para karyawan yang telah menjadi orang tua sulit meninggalkan anak-anaknya. Selain itu, faktor menjaga kesehatan juga menjadi pertimbangan.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang mengumumkan karyawan untuk WFH hingga setidaknya 2021:

Google

Universal Music Group

Warner Music Group

Sony Music

Amazon corporate

Viacom

Scotiabank

RBS (Royal Bank of Scotland)

Group Nine Media

Indeed

Perusahaan-perusahaan yang menerapkan WFH selamanya untuk karyawan mereka:

Facebook

Twitter

Square

Slack

Shopify

Zillow  (*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:03:25 WIB

    Genjot Ekonomi, Sejumlah Menteri Dukung Gerakan Beli Jualan Teman

    Genjot Ekonomi, Sejumlah Menteri Dukung Gerakan Beli Jualan Teman HARIANHALUAN.COM - Untuk menggenjot ekonomi Indonesia, kini sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju mendukung kampanye beli jualan teman. Gerakan beli jualan teman pertama kali dilontarkan oleh Menteri Perindustrian (Menpe.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 08:05:14 WIB

    Dolar AS Sekarat di Tengah Sejumlah Data Ekonomi

    Dolar AS Sekarat di Tengah Sejumlah Data Ekonomi HARIANHALUAN.COM - Dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), melanjutkan penurunan sebelumnya, ketika para pelaku pasar mencerna sejumlah data ekonomi..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 15:13:37 WIB

    Sejumlah Negara di Dunia Sering Tuduh RI Lakukan Ini

    Sejumlah Negara di Dunia Sering Tuduh RI Lakukan Ini HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perdagangan menyebut ada 10 besar negara sering menuduh Indonesia melakukan trade remedies atau instrumen yang digunakan secara sah untuk melindungi industri dalam negeri suatu negara dari kerug.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 06:37:50 WIB

    Sejumlah Produk Digital Kena Pajak 10% Mulai 1 Juni, Apa Saja?

    Sejumlah Produk Digital Kena Pajak 10% Mulai 1 Juni, Apa Saja? HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengingatkan kembali masyarakat terkait rencana pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) atas pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara perdagangan m.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 23:20:01 WIB

    Bukannya Buntung, Sejumlah Perusahaan Ini Justru Untung Besar Saat Pandemi Corona

    Bukannya Buntung, Sejumlah Perusahaan Ini Justru Untung Besar Saat Pandemi Corona NEW YORK, HARIANHALUAN.COM - Pandemi corona telah berdampak pada berbagai sektor bisnis. Pemutusan hubungan kerja (PHK) dan cuti telah meluas dan ada sekitar 21% pekerja Amerika Serikat telah mengajukan tunjangan pengangguran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]