Pelamar di PNP 2020 Tembus 39 Ribu Orang, Paling Jauh dari Sulawesi


Senin, 03 Agustus 2020 - 18:07:11 WIB
Pelamar di PNP 2020 Tembus 39 Ribu Orang, Paling Jauh dari Sulawesi PNP.

HARIANHALUAN.COM - Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Padang (PNP) Revalin Herdianto mengatakan, Politeknik Negeri Padang melakukan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru yang fair dan tanpa intervensi. Setelah lulusan SLTA mengajukan lamaran, proses penilaian dilakukan berdasarkan nilai rapor dari semester 1-5.

Selanjutnya, prestasi kurikuler dan ekstra kurikuler, baik berupa lomba-lomba di bidang keilmuan maupun prestasi di bidang non keilmuan seperti seni, olahraga, budaya, dan sebagainya dengan bobot yang seimbang.

"Keseimbangan pembobotan itu dimaksudkan agar mahasiswa di samping memiliki kemampuan akademik juga memiliki kemampuan non akademik yang bisa menunjang kesuksesan studi dan masa depan mereka," kata Revalin.

Meskipun mahasiswa dimotivasi untuk sukses secara akademik, sambung Revalin, pimpinan dan dosen-dosen PNP tidak merekomendasi mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4 tapi "miskin" dalam pergaulan dan pengalaman berorganisasi.

"IPK tinggi adalah tiket untuk memasuki dunia kerja tapi kesuksesan dan keberhasilan dalam dunia kerja sangat ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi (soft skill), kemampuan beradaptasi (life skill), kemampuan bersosialisasi (social skill), dan kecerdasan emosional (emotional maturity)," ulas Revalin.

Mantan pimpinan pondok pesantren mahasiswa Indonesia-Australia ini lebih jauh merinci, seperti tahun sebelumnya, rata-rata 1 kursi di kampus Politeknik Negeri Padang diperebutkan lebih dari 20 orang. Ini merupakan tingkat persaingan yang tinggi. Artinya, Politeknik Negeri Padang adalah salah satu Politeknik yang tertinggi diminati pelamar se-Indonesia.

"Jika tahun lalu peminat paling jauh tercatat dari Papua, tahun ini peminat paling jauh yang berhasil memasuki PNP berasal dari Sulawesi," papar Revalin.

Terakhir, Wakil Direktur 1 membidangi akademik ini mengaku bertanggung jawab memberikan informasi tentang perguruan tinggi sejak calon mahasiswa masih duduk di bangku SLTA hingga menamatkan Politeknik Negeri Padang.

"Pemberian informasi secara dini ke sekolah-sekolah atau mengundang guru-guru mereka ke kampus PNP dimaksudkan agar mereka tidak salah memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan minat mereka," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 18:13:58 WIB

    PNP Upayakan Permohonan Pelamar Ujian Daring Seleksi Mandiri dari RS

    PNP Upayakan Permohonan Pelamar Ujian Daring Seleksi Mandiri dari RS HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri meminta panitia mencarikan solusi atas permohonan orangtua calon mahasiswa agar anak mereka yang terpapar Covid-19 diizinkan untuk tetap menjalankan kul.
  • Jumat, 04 September 2020 - 18:07:29 WIB

    Pelamar Seleksi Mandiri PNP Capai 2.000 Orang

    Pelamar Seleksi Mandiri PNP Capai 2.000 Orang HARIANHALUAN.COM - Dipastikan tes/seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Politeknik Negeri Padang dengan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer (UMBK), bersama 15 perguruan tinggi swasta di lingkungan LL-Dikti X Sumb.
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:58:50 WIB

    PNP, Salah Satu Politeknik Tertinggi Diminati Pelamar se-Indonesia

    PNP, Salah Satu Politeknik Tertinggi Diminati Pelamar se-Indonesia HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengimbau 438 orang mahasiswa baru gelombang pertama Politeknik Negeri Padang (PNP) untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi pasca lulus SLTA mere.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 05:59:40 WIB

    Tahun Ini, Terjadi Lonjakan Pelamar Mahasiswa Baru di PNP

    Tahun Ini, Terjadi Lonjakan Pelamar Mahasiswa Baru di PNP HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengaku awalnya dirinya agak pesimis akan animo pelamar dikarenakan pandemi Covid-19. Namun ternyata jumlah pelamar justru meningkat dibanding tahun-tah.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 14:45:05 WIB

    Jumlah Pelamar SNMPTN di PNP Membludak, Kampus Hanya Tampung 400 Mahasiswa

    Jumlah Pelamar SNMPTN di PNP Membludak, Kampus Hanya Tampung 400 Mahasiswa HARIANHALUAN.COM - Tahun ini, Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka empat (4) seleksi penerimaan masuk mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Rinciannya, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri), SBMPN (Seleksi Be.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]