Perusahaan Grup Hary Tanoe Digugat Pailit, Benarkah?


Senin, 03 Agustus 2020 - 18:41:46 WIB
Perusahaan Grup Hary Tanoe Digugat Pailit, Benarkah? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada kabar mengejutkan dari MNC Group. Perusahaan asal Korea Selatan, KT Corporation menggugat pailit salah satu perusahaan MNC Gruop, yakni PT Global Mediacom Tbk.

Gugatan itu tertuang dalam nomor perkara 33/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN Niaga Jkt.Pst di tanggal Selasa, 28 Juli 2020. Dalam surat permohonan itu menyatakan PT Global Mediacom Tbk yang beralamat di MNC Tower lantai 27, Jl. Kebon Sirih No.17-19, Jakarta 10340 pailit dengan segala akibat hukumnya.

PN Niaga Jakpus juga telah menetapkan dan menunjuk serta mengangkat hakim pada Pengadilan Niaga Jakarta sebagai hakim pengawas. Selain itu telah ditunjuk Fennieka Kristianto, Yongki Martinus Siahaan dan Ronal Hermanto selaku Tim Kurator dalam proses kepailitan termohon pailit.

Pihak Global Mediacom pun tak tinggal diam mendengar gugatan tersebut. Perusahaan holding media milik Grup MNC itu akan balik melaporkan perusahaan asal Korea Selatan itu ke Polisi.

Direktur Global Mediacom Christophorus Taufik Siswandi menilai, permohonan yang diajukan KT Corporation tidak valid. Sebab dasar perjanjiannya sudah dibatalkan dan sudah berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan negeri Jakarta Selatan No.97/ Pdt.G/2017/PN.Jak.Sel tanggal 4 Mei 2017.

"Harusnya pengadilan menolak permohonan yang tidak jelas dan sekedar sensasi ini," ujarnya kepada detikcom.

Atas dasar itu, Taufik menegaskan, pihaknya juga akan melaporkan balik lawannya ke Kepolisian atas tuduhan pencemaran nama baik.

"Ini sudah masuk areal pencemaran nama baik, tentunya akan kita laporkan segera ke pihak Kepolisian," tegasnya.

Dia menjelaskan perkara dengan KT Corporation merupakan kasus lama. Prosesnya sudah berlangsung lebih dari 10 tahun.

"Mahkamah Agung juga sudah menolak PK yang diajukan KT Corporation berdasarkan putusan Mahkamah Agung No. 104 PK/Pdt/2019 tanggal 27 Maret 2019," terangnya.

Global Mediacom sendiri merupakan perusahaan yang memayungi seluruh perusahaan media milik Grup MNC. Mulai dari PT Media Nusantara Citra, bisnis prepaid DTH pay-tv, ott hingga media online seperti Okezone, MNC Shop, Me Tube dan lainnya.

Lalu apa duduk perkaranya?

Menurut Taufik perkara tersebut berkaitan dengan utang. Pihak KT Corporation merasa memiliki tagihan kepada Global Mediacom.

"KT beranggapan punya tagihan ke kita, padahal dasar tagihannya sudah dibatalkan. Tagihan aja belum jelas, mana bisa masuk ke pailit?" tutupnya. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 13:22:57 WIB

    Perusahaan Ini Gugat Lion Air di Pengadilan Inggris Rp 189 M, Ada Apa?

    Perusahaan Ini Gugat Lion Air di Pengadilan Inggris Rp 189 M, Ada Apa? HARIANHALUAN.COM - Lion Air digugat di Pengadilan London, Inggris, hingga 10 juta pound (Rp 189 miliar). Goshawk Aviation Ltd menuntut maskapai milik Rusdi Kirana itu karena berhutang pembayaran sewa tujuh jet Boeing..
  • Ahad, 20 September 2020 - 21:32:07 WIB

    143 Perusahaan Asing Tertarik Investasi di Indonesia

    143 Perusahaan Asing Tertarik Investasi di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 143 perusahaan asing tertarik merelokasi usahanya ke Indonesia. Dari 143 perusahaan tersebut, terbagi menjadi tiga kelompok. Hal ini berdasarakan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)..
  • Jumat, 18 September 2020 - 06:37:42 WIB

    Selama 10 Tahun, 5 Saham Perusahaan Multifinance Mampu Ungguli IHSG

    Selama 10 Tahun, 5 Saham Perusahaan Multifinance Mampu Ungguli IHSG HARIANHALUAN.COM - Jika saham produsen mobil tidak mampu mengungguli pasar, saham perusahaan multifinance penyedia layanan kredit mobil justru mampu..
  • Rabu, 16 September 2020 - 12:05:33 WIB

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI HARIANHALUAN.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada 143 perusahaan asing yang berpotensi merelokasi atau memindahkan investasinya ke Indonesia. Dari potensi tersebut, terdapat tiga perusahaan yang sudah me.
  • Jumat, 11 September 2020 - 06:47:04 WIB

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH HARIANHALUAN.COM - Work From Home mulai jadi 'new normal' sejak pandemi Corona. Meski sudah terbiasa, bekerja dari rumah tetap bukan sesuatu yang mudah untuk sebagian orang. Misalnya saja untuk para orangtua yang harus sambil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]