PNP, Salah Satu Politeknik Tertinggi Diminati Pelamar se-Indonesia


Senin, 03 Agustus 2020 - 20:58:50 WIB
PNP, Salah Satu Politeknik Tertinggi Diminati Pelamar se-Indonesia Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengimbau 438 orang mahasiswa baru gelombang pertama Politeknik Negeri Padang (PNP) untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi pasca lulus SLTA mereka yang terbukti berhasil menyisihkan sekitar 13.000 orang pelamar ke PNP, belum termasuk jalur mandiri yang masih berproses.

"Keseriusan mahasiswa gelombang pertama jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini diharapkan mampu menghindarkan mereka dari ancaman pengangguran lulusan perguruan tinggi yang kian meningkat belakangan ini," kata Surfa Yondri saat memperkenalkan struktur organisasi Politeknik Negeri Padang dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara virtual dari Pekanbaru, baru-baru ini.

Surfa Yondri menuturkan, sebagai pemenang kompetisi yang ketat memasuki Politeknik Negeri Padang, mereka diharapkan tidak menambah angka pengangguran dari lulusan diploma dan universitas karena perguruan tinggi yang mereka masuki adalah perguruan tinggi vokasi yang lulusannya terjamin mendapat dan menciptakan lapangan kerja.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, tingkat pendidikan para penganggur untuk diploma meningkat 8,5 persen dan sarjana (S-1) naik sebesar 25 persen," ujar Surfa Yondri.

Menurut Surfa Yondri, mahasiswa dan lulusan PNP harus paham, untuk diterima di dunia industri mereka harus punya 3 faktor penting yang harus sejalan dan saling melengkapi, yakni sikap (attitude) yang baik, ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan industri. Secara gampangnya, motto Politeknik Negeri Padang: “Berakhlak Mulia, Berpikir Akademis, dan Bertindak Profesional” harus benar-benar dihidupkan mahasiswa dalam sanubari mereka.

Di sisi lain, disebutkan juga, untuk tahun akademik 2019/2020 pelamar Politeknik Negeri Padang mencapai 22.600 sedangkan yang diterima 1.504 orang. Di sisi lain, pada tahun akademik yang sama tercatat pelamar SNMPN mencapai sekitar 11.000 orang, sekarang SNMPTN meningkat menjadi sekitar 13.000 orang.

Ketua Senat PNP, Hanriyawan Adnan Mooduto mengatakan, kondisi hari ini yang masih berproses untuk penerimaan kelas mandiri, tercatat total pelamar 15.031 orang, dengan rincian jalur SNMPN 9041 orang, SBMPN 5738 orang, dan Teknik Alat Berat 252 orang, dan sisanya jalur mandiri yang sedang berproses karena baru ditutup 31Juli 2020.

Wakil Direktur 1, Revalin Herdianto merinci, seperti tahun sebelumnya, rata-rata 1 kursi di kampus Politeknik Negeri Padang diperebutkan lebih dari 20 orang. Ini merupakan tingkat persaingan yang tinggi.

"Artinya, Politeknik Negeri Padang adalah salah satu Politeknik yang tertinggi diminati pelamar se-Indonesia," katanya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]