PNP Gelar PKKMB Virtual Perdana


Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05:22 WIB
PNP Gelar PKKMB Virtual Perdana Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Junaldi mengatakan, PKKMB gelombang pertama tersebut terpaksa digelar secara virtual pada 27-30 Juli 2020 mengingat kondisi pandemi virus Corona yang tak jelas saat berakhirnya. Meskipun demikian, PNP sudah berkonsultasi dengan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan untuk menggelar PKKMB ini.

"Gelombang pertama yang diikuti 453 orang dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi Zoom. Junaldi mengimbau agar mahasiswa yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau sinyal untuk tidak gampang menyerah dalam mencari lokasi dengan sinyal internet yang baik," kata Junaldi.

Di samping PKKMB yang digelar secara virtual dalam 3 gelombang setiap pukul  08.00-12.00 WIB, kata Junaldi, mahasiswa baru juga terlibat dalam pengenalan kampus PNP secara langsung dengan tetap menerapkan standar prtokol kesehatan seperti penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh dan lainnya.

"Agar tidak terjadi kerumunan, mahasiswa dibagi berkelompok," imbuh Junaldi.

Wadir 1, Revalin Herdianto mengungkapkan, perolehan sinyal yang baik merupakan masalah krusial bagi mahasiswa, tidak hanya mahasiswa baru tapi juga senior mereka yang mengikuti perkuliahan daring (online) pada semester kemaren.

"Mahasiswa yang tinggal di pelosok, saat harus berjuang ke pasar atau pusat kota untuk mendapatkan sinyal ada yang bertemu harimau dalam perjalanan. Untuk masalah sejenis, PNP baru bisa memberikan paket internet dan mengirimkan sembako jika mereka bertahan di Padang," jelas Revalin.

Ketua Panitia Penyelenggara, Hendro Purnomo menyatakan, PKKMB PNP 2020 dilaksanakan dalam 3 gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh mahasiswa yang lulus dalam jalur SNMPTN, gelombang 2 diikuti oleh mahasiswa yang lulus dalam jalur SBMPTN, dan gelombang 3 diikuti oleh mahasiswa yang lulus dalam jalur Mandiri, SBMPT dan UTBK. Masing-masing tahap diikuti oleh sekitar 450 orang peserta, terbanyak dari SBMPTN yang mencapai lebih dari 650 orang.

Pelaksanaan gelombang pertama pada 27-30 Juli 2020 yang diikuti oleh 453 orang mahasiswa tersebut menghadirkan narasumber Direktur, Wakil Direktur 1, Wakil Direktur 2, dan Wakil Direktur 3 serta narasumber undangan yang terkait dengan materi PKKMB, Komandan Secata B Padang Panjang, Kepala Kanwil Pertahanan RI, Walikota Padang, Kapolda Sumatera Barat, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat, dan Ketua Ormawa PNP.

"Pelaksanaan PKKMB virtual yang bersifat wajib ini diikuti oleh mahasiswa baru dengan teknik pelaksanaan, informasi, dan penilaian melalui media online. Masing-masing mahasiswa program studi dipandu oleh anggota BEM yang bertugas memberikan bantuan, bimbingan, arahan informasi melalui  grup WA," sebut Hendro. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]